KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

FACEBOOK AKHIRNYA MEMBUKA KANTOR DI INDONESIA, KENAPA?

Share this history on :

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO - SEMARANG,  Facebook dilaporkan akan segera melakukan peresmian pembukaan kantornya untuk Indonesia. Ini diketahui usai pertemuan tim Facebook dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada hari ini, Rabu (2/8/2017).

Pertemuan yang berlangsung tadi pagi dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dan staf Kominfo lainnya.

Sementara dari perwakilan Facebook ada empat orang. Di antaranya satu orang dari Indonesia dan tiga orang lainnya berasal dari Facebook Asia Pasifik.
Akhirnya Facebook Buka Kantor di IndonesiaKantor Facebook. Foto: Istimewa

"Pertemuan ini sebagai tindak lanjut daripada pertemuan ataupun pemanggilan OTT (aplikasi layanan berbasis internet) yang kita lakukan," ujar Semuel di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta.

"Dan baru saja melakukan pertemuan dengan tim dari Facebook, dari pagi kita bicarakan. Mereka rencana pembukaan kantor mereka di Indonesia, Agustus ini mau diresmikan," tambah pria yang sering dipanggil Semmy ini.

Pertemuan Kominfo dengan penyedia layanan OTT tersebut tak hanya berlangsung satu kali. Pertemuan kedua belah pihak telah berlangsung sejak lama dan dilakukan secara berkala. 

Agenda pertemuannya pun masih membahas soal konten-konten negatif yang menyebar di media sosial. Sebagai instansi yang menaungi bidang teknologi, Kominfo berkewajiban terus berkoordinasi dengan para OTT tersebut agar meredam konten yang mengandung unsur radikalisme, terorisme, ataupun pornografi.

Setelah perusahaan Over The Top (OTT) atau aplikasi berbasis layanan internet seperti Google, Twitter, hingga Line telah memiliki kantor di Indonesia, kini Facebook yang dijadwalkan membuka kantor resminya di sini.

Keputusan Facebook itu diumumkan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan. Sebelumnya, pada pagi hari telah dilakukan pertemuan antara pihak Kominfo dengan tim dari Facebook di Gedung Kementerian Kominfo.

Facebook sendiri, disampaikan Semuel, akan membuka kantornya di wilayah Jakarta. Terhitung Agustus ini, kantor Facebook tersebut direncanakan mulai beroperasi. Setidaknya dalam pertemuan kedua belah pihak ini menghasilkan tiga kesimpulan.

"Mereka berencana membuka kantor di Indonesia, menyesuaikan KBLI yang ada, dan terakhir adalah bagaiman men-counter konten radikal yang bertentangan di Indonesia, itu yang kita bicarakan," kata Semuel, Rabu (2/8/2017).

"Selain comply dengan aturan pajak, alasan membuka kantor di sini karena mendekat dengan pengguna dan agar layanannya lebih cepat lagi," tambah pria yang disapa Semmy ini.

Merujuk pada laporan Service Level Index (SLI) mengenai respons terhadap pemerintah pada kurun waktu 2016-2017, rata-rata persentase Facebook masih di bawah 50%.

"Ada SLI yang mereka harus perbaiki selama 2016-2017 kalau kita average itu baru 49,3%," ucap Semmy.

Dengan keberadaan kantor perusahaan teknologi besutan Mark Zuckerberg ini di Indonesia, Kominfo mengharapkan persentase SLI dari Facebook terus meningkat.

"Sekarang di bawah 50%, kita harapkan speed up prosesnya, ya kita maunya 100%. Kita ingin melihat mereka ada progess dan itikad baik untuk memperbaiki untuk tingkatkan SLI. Itu yang kita evaluasi dari waktu ke waktu, bagaimana layanan mereka merespon terhadap menjalankan ketentuan yang ada di Indonesia," tuturnya.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.