Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah

7 ANEKA GETHUK KHAS JAWA TENGAH
WAJIB DI COBA!!!!

Aneka makanan daerah khas jawa tengah sekarang sudah jarang di temui. Hanya daerah tertenu saja yang masih mempertahankan jajan pasar ini. semua orang harus coba jajan pasar khas jawa tengah ini. Apalagi dengan rasanya yang menggit di lidah , pasti bakal ketagihan dech....ditambah dengan warnanya yang menarik.WAJIB  COBAIN yaaaa!!!!!

Berikut beberapa aneka jajan gethuk khas jawa tengah :

1. Gethuk Lindri






Gethuk Lindri terbuat dari singkong yang di parut halus dan di tambahi bumbu dapur dan pewarna makanan untuk menarik konsumen. setiap warna beda rasa lho. Dengan bentuk khasnya bulatan-bu;atan kecil panjang yang ngumpul jadi satu.
 

2. Gethuk Trio Warna


Gethuk Trio Warna ini terdiri dari 3 warna yang setiap orang melihat akan tergoda untuk memakannya. Warna putih , coklat , dan merah muda ini khas dengan aromanya yang wangi pandan dan beraroma manis, dan teksturnya yang sangat lembut waktu di gigit.

 3. Gethuk Kethek



Gethuk kethek ini termasuk jajan yang di sukai orang. Karna namanya yang aneh, memakai nama kethek ( monyet ) ini ternyata banyak juga peminatnya. Karna rasanya yang agak gurih,ada parutan kelapanya, dan tejsturnya yang bener - bener lembut bikin semua orang ketagihan. Gak puas lho kalau cuman makan 1 potong aja. Apalagi dengan harganya yang relatif murah , hanya Rp. 10,000 per kotaknya, apalagi kalau di makan saat masih hangat MAK NYUUUSS...

Cara pengolahan gethuk kethek ini masih menggunakan alat-alat tradisional untuk menjaga  kekhasan cita rasa dan teksturnya.

4. Gethuk Sentiling


Gethuk ini juga terbuat dari ketela pohon yang di parut halus kemudian di diamkan sesaat, yang kemudian dikasih pewarna dan perasa makanan sesuai warnanya dan selera dan ditambah bumbu dapur yang sangat simpel, lalu di kukus. Jajan ini sangat menarik sekali untuk disajikan di acara arisan maupun kumpul dengan keluarga. karna dari warna yang menggugah selera , aroma pandannya yang bikin tambah lapar pasti bakal ketagihan.

di samping warnanya yang menarik, bentuknya pun bisa di buat sesuai selera dan kreatfitas sendiri. untuk tampilan yang lebih menarik.

 5. Gethuk Singkong dan Gethuk Singkong Lapis



Gethuk yang satu ini termasuk gethuk yang paling gampang di bikin , sangat simpel dan praktis. Singkong di kupas bersih lalu di cuci sampai bersih , dikukus sampai matang , haluskan , tambah garam sedikit saja , lau tinggal di bentuk, sajikan. Tinggal tambahnin taburan parutan kelapa dan gula pasir sedikit di atasnya.

Kalau untuk yang lapis tinggal di tambah aroma dan warna sesuai selera.
 
 6.  Gethuk Gobet

 

Gethuk Gobet ini rasanya lebih ke gurih. cara pembuatan nya pun gampang. kupas singkong dan bersihkan sampai bersih, lalu parut dengan parut yang berlubang , cuci sampai bersih , tambahnkan garam , lalu kukus sampai matang. siap di sajikan. Untuk penyajiaanya sesuai selara ya... bisa pakai parutan kelapa ,  bisa juga di tamabah dengan gula jawa cair, siramkan ke atasnya.

 7. Gethuk Singkong Kacang Tolo


Gethuk yang satu ini sudah lumayan langka dan jarang di temui. Padahal rasanya yang berfantasi bikin orang ketagihan. cara pembuatannya hampir sama denagan bikin gethuk gobet hanya saja disini di tambahin menu satu lagi yaitu kacang tolo.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK