Malas Pinjamkan Uang pada Teman? Begini Cara Menolaknya

Ini yang akan terjadi kalau Anda pinjamkan uang ke teman (Foto: Lifehack.org)
Rifan Financindo Berjangka - Membantu orang yang sedang membutuhkan uang dengan meminjamkannya memang merupakan perbuatan positif. Apalagi jika Anda meminjamkan uang pada teman atau saudara dekat.

Sayangnya, kadang perbuatan baik itu justru berakhir dengan perasaan kesal, saat orang yang dipinjamkan uang tidak membayarnya tepat waktu. Hubungan yang dekat seringkali membuat Anda sulit untuk menagih pinjaman tersebut.

Selain itu, seperti melansir boldsky.com, Selasa (14/7/2015), menagih utang pada saudara sendiri akan terasa aneh dan tak nyaman. Hingga seringkali teman atau saudara mengembalikan uangnya jauh lebih lama dari perjanjian sebelumnya.

Mengingat hal tersebut, tak ada salahnya mengatakan `tidak` saat teman atau saudara Anda meminjam uang. Apalagi jika Anda mengenali karakternya yang sulit membayar.

Berikut lima cara halus untuk menolak meminjamkan uang pada teman:

1. Maaf, saya juga sedang tak punya uang
Saat Anda mengatakan sedang bokek, hal itu juga berarti Anda tidak punya uang untuk dipinjamkan pada siapapun. Seketika mungkin si peminjam tak langsung percaya, Anda dapat menjelaskan kondisi keuangan Anda yang sedang kritis .
Tunjukkan padanya, Anda juga sedang kesulitan secara finansial. Dengan cara ini, si peminjam tak akan bisa memaksa karena memang sama-sama tak punya uang. Dia akan paham, meski Anda ingin meminjamkannya, tapi kondisi keuangan tak memungkinkan.

2. Bersikap tenang dan sopan
Pastikan Anda tidak bersikap kasar dan seenaknya saat menolak untuk meminjamkan uang. Tindakan tersebut dapat melukai perasaannya dan mengganggu hubungan Anda dengannya. Maka bersikaplah dengan tenang dan sopan menghadapinya. Pilihlah penjelasan yang tepat dan baik untuk mengatakan `tidak`.

3. Tawarkan bantuan selain uang
Jika Anda tak ingin atau tak bisa meminjamkan uang, jangan biarkan teman atau saudara Anda begitu saja. Berikan sejumlah tawaran selain uang, agar dia tak merasa sendiri saat tengah berada di situasi yang buruk. Selain itu, dia mungkin mendapatkan solusi lain untuk masalah finansialnya tersebut.

4. Tunjukkan perasaan bersalah
Mengingat penolakan Anda pasti mengecewakan si peminjam, harus siap menghadapi sikap kasar darinya. Sikap itu karena dia ingin mencoba membuat Anda merasa bersalah dan tak peduli pada dirinya. Anda tak perlu membalas sikap kasarnya, mengatakan tidak bukanlah kesalahan.

5. Menghindar
Jika si peminjam terus mengganggu ketenangan hidup Anda, sebaiknya hindari saja. Orang-orang seperti itu biasanya hanya memanfaatkan Anda saat dirinya sedang tak punya uang. Ada banyak cara mengatakan `tidak` tanpa melukai perasaan siapapun, salah satunya adalah dengan menghindarinya. (Sis/Ahm)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah