KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Malas Pinjamkan Uang pada Teman? Begini Cara Menolaknya

Share this history on :
Ini yang akan terjadi kalau Anda pinjamkan uang ke teman (Foto: Lifehack.org)
Rifan Financindo Berjangka - Membantu orang yang sedang membutuhkan uang dengan meminjamkannya memang merupakan perbuatan positif. Apalagi jika Anda meminjamkan uang pada teman atau saudara dekat.

Sayangnya, kadang perbuatan baik itu justru berakhir dengan perasaan kesal, saat orang yang dipinjamkan uang tidak membayarnya tepat waktu. Hubungan yang dekat seringkali membuat Anda sulit untuk menagih pinjaman tersebut.

Selain itu, seperti melansir boldsky.com, Selasa (14/7/2015), menagih utang pada saudara sendiri akan terasa aneh dan tak nyaman. Hingga seringkali teman atau saudara mengembalikan uangnya jauh lebih lama dari perjanjian sebelumnya.

Mengingat hal tersebut, tak ada salahnya mengatakan `tidak` saat teman atau saudara Anda meminjam uang. Apalagi jika Anda mengenali karakternya yang sulit membayar.

Berikut lima cara halus untuk menolak meminjamkan uang pada teman:

1. Maaf, saya juga sedang tak punya uang
Saat Anda mengatakan sedang bokek, hal itu juga berarti Anda tidak punya uang untuk dipinjamkan pada siapapun. Seketika mungkin si peminjam tak langsung percaya, Anda dapat menjelaskan kondisi keuangan Anda yang sedang kritis .
Tunjukkan padanya, Anda juga sedang kesulitan secara finansial. Dengan cara ini, si peminjam tak akan bisa memaksa karena memang sama-sama tak punya uang. Dia akan paham, meski Anda ingin meminjamkannya, tapi kondisi keuangan tak memungkinkan.

2. Bersikap tenang dan sopan
Pastikan Anda tidak bersikap kasar dan seenaknya saat menolak untuk meminjamkan uang. Tindakan tersebut dapat melukai perasaannya dan mengganggu hubungan Anda dengannya. Maka bersikaplah dengan tenang dan sopan menghadapinya. Pilihlah penjelasan yang tepat dan baik untuk mengatakan `tidak`.

3. Tawarkan bantuan selain uang
Jika Anda tak ingin atau tak bisa meminjamkan uang, jangan biarkan teman atau saudara Anda begitu saja. Berikan sejumlah tawaran selain uang, agar dia tak merasa sendiri saat tengah berada di situasi yang buruk. Selain itu, dia mungkin mendapatkan solusi lain untuk masalah finansialnya tersebut.

4. Tunjukkan perasaan bersalah
Mengingat penolakan Anda pasti mengecewakan si peminjam, harus siap menghadapi sikap kasar darinya. Sikap itu karena dia ingin mencoba membuat Anda merasa bersalah dan tak peduli pada dirinya. Anda tak perlu membalas sikap kasarnya, mengatakan tidak bukanlah kesalahan.

5. Menghindar
Jika si peminjam terus mengganggu ketenangan hidup Anda, sebaiknya hindari saja. Orang-orang seperti itu biasanya hanya memanfaatkan Anda saat dirinya sedang tak punya uang. Ada banyak cara mengatakan `tidak` tanpa melukai perasaan siapapun, salah satunya adalah dengan menghindarinya. (Sis/Ahm)

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.