KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

KONSUMSI GARAM BERLEBIH MEMICU STROKE, 'CLOUD EGG' TREN SARAPAN PAGI

Share this history on :

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO - SEMARANG,Konsumsi garam berlebih membawa risiko penyakit. Termasuk pada remaja yang menjadi mudah terserang stroke. 

Dekade yang lalu tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan serangan stroke hanya dialami oleh orang tua. Tetapi kini sudah menjadi penyakit yang dipicu gaya hidup kaum muda, lapor NDTV Food (8/5/2017). 

Remaja yang Konsumsi Banyak Garam Mudah Terserang Stroke Saat DewasaFoto: iStock

Sebuah studi terbaru diadakan oleh peneliti dari Cincinmati Children's Hospital memberi bukti. Konsumsi garam yang tinggi di kalangan anak muda meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, serangan jantung dan stroke di kemudian hari. 

Tim ahli meneliti 775 orang remaja yang diukur elastisitas arteri brachial (BranchD), pembuluh darah di lengan atas. Juga kecepatan gelombang denyut nadi (PWV) mereka diukur. Perjalanan darah antara arteri karotid di leher dan arteri femoralis di selakangan.

Remaja yang Konsumsi Banyak Garam Mudah Terserang Stroke Saat DewasaFoto: Getty Images

Konsumsi sodium mereka juga diukur dengan melaporkan makanan selama 3 hari. Hasilnya menunjukkan makin tinggi konsumsi rata-rata sodium berkaitan dngan BrachID yang rendah, atau pembuluh arteri makin kaku dan PWV lebih tinggi. 

Peneliti juga mempertimbangkan faktor umur, ras, jenis kelamin, indeks massa tubuh dan tingkat elektrolit darah yang bisa mempengaruhi hasil. Menurut peneliti, kekauan pembuluh darah arteri menunjukkan faktor risiko serangan jantung yang mengakibatkan stroke pada orang dewasa. Hal ini bisa dideteksi dengan menempatkan monitor pada kulit di dekat arteri besar di lengan, leher dan daerah selangkangan. 

Menurut Elaine M Urbina, Direktur Preventive Cardiology di Cincinnati Children's Hospital Medical Center, kedua hasil tu menunjukkan tingkat kekakuan yang lebih tinggi pada arteri perifer di ekstremitas, dan juga di arteri sentral. 

Remaja yang Konsumsi Banyak Garam Mudah Terserang Stroke Saat DewasaFoto: Thinkstock

Kondisi ini berkaitan dengan konsumsi natrium yang tinggi. Hasil penelitian ini disampakaikan dalam pertemuan Kesehatan Masyarakat Pediatrik 2017 di San Francisco. 

Konsumsi garam berlebih, tidak hanya dengan menaburkan garam pada makanan tetapi juga garam pada makanan olahan juga fast food. Menurut pedoman WHO orang dewasa harus membatasi asupan garam kurang dari 5 gram ( 1 sendok teh) setiap hari. 

Selain itu juga perlu selalu menjaga tubuh terhidrasi. Karena asupan air berkaitan dengan elektrolit tubuh yang tak seimbang dalam tubuh termauk sodium. Sebaiknya baca informasi kandungan natrium dan sodium pada kemasan makanan. Sellau pilih garam alami seperti garam laut yang lebih sehat.

Sarapan identik dengan telur. Beberapa minggu ini muncul 'cloud eggs' sebagai menu sarapan baru netizen. 

Jika Anda memasukkan hastag #cloudeggs di Instagram akan muncul lebih dari 400 foto cloud eggs. Media online Inggris the telegraph.uk dan the sun, kemarin (8/5) menyebutkan bahwa telur ini jadi fenomenal di media sosial. Bisa jadi ini karena orang bosan dengan omelet, telur mata sapi, telur rebus, telur dadar atau telur orak-arik untuk menu sarapan. 

Selamat Pagi! Ini 'Cloud Eggs' yang Sedang Jadi Tren Sarapan NetizenFoto: Instagram: weeknightdiner

Sebenarnya sudah lama cloud eggs dikenal orang. Menurut dailymail (8/5) sajian telur ini digemari karena orang ingin tampilan baru. Terutama karena kandungan kalorinya hanya 161 kalori. 

Cara pembuatannya juga mudah. Siapkan telur ayam dengan suhu ruangan. Pisahkan kuning dan putihnya. Kemudian kocok putih telur dengan nikser hingga kaku. 

Jangan lupa tambahkan garam dan merica. Juga bahan lain seperti keju, cincangan daging asap atau cincangan seledri. Aduk hingga rata. Sendoki putih telur ini dan taruh di atas loyang datar, buat sedikit cekungan di tengahnya. 

Selamat Pagi! Ini 'Cloud Eggs' yang Sedang Jadi Tren Sarapan NetizenFoto: Instagram: reynoldsmansion

Panggang dalam oven panas 200 C selama 5 menit. Keluarkan dari oven, masukkan kuning telur di tengah cekungan putih telur. Panggang lagi selama 2 menit. Cloud eggs siap disajikan.

Selamat Pagi! Ini 'Cloud Eggs' yang Sedang Jadi Tren Sarapan NetizenFoto: Instagram: p_for_polly

Variasi untuk sajian ini juga beragam. Ada yang disajikan dengan irisan bacon, baked beans dan roti panggang seperti menu English breakfast. Ada yang dibuat open sandwich dengan tumpukan sayuran segar di atas roti.. Juga dibuat isian burger bersama irisa tomat, lettuce dan saus burger. 

Rasa putih telur yang ringan mengambang bisa jadi disukai orang. Tetapi yang menjadi alasan utama sajian telur ini jadi viral karena tampilannya instagrammable. Seperti matahari menyembul di balik awan. 


BACA JUGA : PAMIT KONSER, AUREL HILANG 2 HARI DENGAN TEMANNYA | RIFANFINANCINDO

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.