Dorong UMKM Go Digital, DANA Hadirkan Miniservice Warung Pangan di Aplikasi DANA
PT.
Rifan Financindo Berjangka -Dompet Digital Indonesia,
DANA terus mendorong UMKM go digital sehingga mampu bertahan menghadapi
pandemi sekaligus mengembangkan bisnis mereka. Penegasan komitmen ini
diwujudkan dengan menghadirkan miniservice Warung Pangan
dalam aplikasi DANA, yang memungkinkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan
tanpa harus melakukan mobilisasi fisik dan harga yang terjangkau.
Vincent Iswara, CEO dan salah satu pendiri DANA mengatakan kehadiran miniservice
Warung Pangan merupakan langkah lanjut DANA dalam membantu UMKM. Sebelumnya,
DANA juga telah menghadirkan fitur Pendataan
Warung sebagai bentuk dukungannya terhadap gerakan #BelanjadiWarungTetangga
yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM).
Miniservice Warung Pangan juga menjadi wujud sinergi lebih lanjut
antara DANA dengan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan
Usaha Milik Negara (BUMN) yang membangun aplikasi Warung Pangan, untuk
mendorong percepatan digitalisasi warung tradisional serta pemulihan UMKM di
Indonesia yang terdampak negatif pandemi COVID-19.
“DANA tidak sebatas perusahaan teknologi, tapi juga sahabat UMKM. DANA
mengusung teknologi yang memungkinkan bersinergi dengan berbagai pihak untuk
menghadirkan inisiatif maupun solusi yang inklusif dan adaptif sehingga warung
dan UMKM dapat menghadapi beragam kondisi sekaligus meningkatkan kapasitas dan
kompetensi mereka. Hal ini juga menjadi komitmen DANA dalam mendukung target
pemerintah agar dua juta UMKM terhubung dengan ekosistem digital hingga akhir
tahun 2020,” ujar Vincent Iswara.
Sebelumnya, BGR Logistics juga telah meluncurkan dua aplikasi pangan “Mitra
Warung Pangan” dan “Warung Pangan”, di mana DANA telah hadir sebagai metode
pembayaran digital. Aplikasi Mitra Warung Pangan dikembangkan untuk mempermudah
UMKM atau pemilik warung dalam mendapatkan stok bahan pangan dengan harga yang
stabil.
Sementara aplikasi Warung Pangan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan
bahan pangan yang mereka butuhkan dengan harga yang normal dan terjangkau.
Untuk tahap awal, kedua aplikasi ini dan miniservice Warung Pangan di
aplikasi DANA baru mencakup beberapa lokasi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok,
Tangerang, dan Bekasi(Jabodetabek).
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tiga komoditi yang akan terus
dibutuhkan oleh manusia adalah makanan, air dan energi, karena merupakan
kebutuhan dasar manusia untuk dapat bertahan hidup. Data Biro Pusat Statistik
(BPS) 2019 mencatat perkembangan harga bahan pangan dan makanan yang
menunjukkan tren meningkat seiring tahun berjalan. Sementara rata-rata
pengeluaran rumah tangga di DKI Jakarta untuk produk pangan dan makanan pada
2018 rata-rata Rp 487.000 per bulan.
Kajian studi yang dilakukan oleh Kantar Insight dan IRI Inc. di beberapa
negara yang terkena dampak COVID-19 menunjukkan bahwa produk pangan tetap
dibutuhkan di saat krisis maupun tidak. Karena itu, perlu ada jaminan
terhadap ketersediaan dan kelancaran distribusi pangan serta kemudahan bagi
masyarakat untuk menjangkaunya.
“Aplikasi Mitra Warung Pangan dan Warung Pangan yang dikembangkan oleh BGR
Logistics dan didukung oleh DANA sebagai mitra pembayaran digital menjadi
solusi bagi para pemilik warung dan UMKM serta masyarakat untuk memenuhi
kebutuhan pangan sekaligus membantu warung melalui masa-masa sulit ini.
Diharapkan dengan makin banyak warung yang bergabung dalam Mitra Warung Pangan
dan makin banyak orang yang berbelanja melalui Warung Pangan, sektor UMKM
termasuk warung tradisional bisa cepat pulih sehingga perekonomian yang tumbuh
negatif bisa kembali positif,” tandas Vincent.
PT.
Rifan Financindo Berjangka
sumber
: liputan6.com
PT.
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG
Komentar