4 Strategi Pemerintah Perbaiki Sektor Usaha di Masa Pandemi Covid-19
PT.
Rifan Financindo Berjangka - Kementerian Perdagangan
(Kemendag) terus berupaya menggeliatkan kembali sektor usaha di dalam negeri,
terutama yang terdampak parah akibat pandemi Corona Covid-19.
Perekonomian Indonesia diharapkan dapat pulih secara bertahap dan terhindar
dari jurang resesi saat pandemi Corona Covid-19.
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan
Kasan, menyatakan setidaknya ada empat strategi yang telah dilakukan oleh
kementeriannya agar sektor usaha kembali bangkit.
Salah satunya, kata Kasan, memaksimalkan penerapan protokol kesehatan Corona
Covid-19 di pasar rakyat atau tradisional.
Karena menurut dia, pasar tradisional dinilai rentan akan penularan
Covid-19. Mengingat, pada masa adaptasi kebiasaan baru ini aktivitas
perdagangan mulai berangsur secara normal.
"Apalagi di pasar tersebut banyak kontak langsung. Sehingga protokol
kesehatan harus diterapkan untuk melindungi aspek kesehatan dan ekonomi,"
ujar Kasan dalam webinar bertajuk Mid-Year Economic Outlook 2020, Selasa, 28
Juli 2020.
Selain itu, strategi kedua adalah kembali membuka pusat perbelanjaan atau
mal pada masa adaptasi kebiasaan baru.
Berikut 4 strategi Kementerian Perdagangan untuk kembali geliatkan sektor
usaha di masa pandemi Corona Covid-19:
Buka
Kembali Mal
Menurut Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian
Perdagangan Kasan, strategi pertama adalah membuka kembai pusat perbelanjaan
atau mal pada masa adaptasi kebiasaan baru.
"Memang kembali dibukanya mal diharapkan dapat mendongkrak kegiatan
usaha. Namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,"
ujar Kasan dalam webinar bertajuk Mid-Year Economic Outlook 2020, Selasa, 28
Juli 2020.
Terapkan Protokol Kesehatan di Pasar
Kasan memaparkan, strategi kedua adalah memaksimalkan penerapan protokol
kesehatan di pasar rakyat atau tradisional.
Sebab, kata dia, pasar tradisional dinilai rentan akan penularan Covid-19.
Mengingat pada masa adaptasi kebiasaan baru ini, aktivitas perdagangan mulai
berangsur secara normal.
"Apalagi di pasar tersebut banyak kontak langsung. Sehingga protokol
kesehatan harus diterapkan untuk melindungi aspek kesehatan dan ekonomi,"
ucap Kasan.
Revitalisasi Pasar
Strategi ketiga, lanjut Kasan, adalah pembangunan atau revitalisasi pasar
rakyat melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 54 Tahun 2020.
"Di mana pada tahun ini Kementerian menetapkan 143 unit pasar rakyat
pada 140 kabupaten/kota yang ditetapkan melalui Permendag No 54/2020,"
terang dia.
Dukung Revolusi Industri
Kasan menjelaskan, strategi terakhir adalah mendukung revolusi industri 4.0
dan ekonomi digital.
Hal tersebut, kata dia, dikarenakan terjadi pola pergeseran aktivitas
ekonomi akibat pandemi ini. Salah satunya membatasi kontak antar individu dan
pembayaran secara tunai.
"Kemendag mendorong digitalisasi pasar rakyat dengan menetapkan
pembayaran secara elektronik dan melakukan transaksi secara daring,"
tandas Kasan.
PT.
Rifan Financindo Berjangka
sumber
: liputan6.com
PT.
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG
Komentar