Jokowi Umumkan Susunan Kabinet Pagi Ini

Image result for pelantikan jokowi
PT. Rifan Financindo Berjangka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan susunan kabinet terbarunya pada hari ini, Senin (21/10/2019). Siapa yang bakal dipilih sebagai pembantu Jokowi di periode II masih dirahasiakan.
Jokowi mengatakan rencananya untuk mengumumkan kabinet baru di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.
"Sudah rampung, besok dikenalkan, besok pagi," ujar Jokowi.
Hari ini rahasia tersebut akan diumumkan oleh Presiden, tentu saja termasuk menteri-menteri yang jadi pembantu Jokowi di bidang ekonomi, mulai dari Menteri Koordinator Perekonomian hingga Menteri Keuangan.
Puluhan ribu pembaca detikcom telah menyalurkan aspirasinya lewat program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' yang digulirkan sejak 12 Agustus 2019. Program ini diawali dengan penjaringan nama calon menteri melalui survei.
Program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' lalu berlanjut. Nama-nama tokoh berkualitas yang diusulkan detikers kemudian dibahas oleh tim pakar lewat focus group discussion (FGD).
Setelah FGD, hasil yang telah difinalisasi oleh redaksi detikcom kemudian kembali diserahkan kepada detikers lewat polling. Ada enam nama ditampilkan dalam polling yang digelar pada 10-30 September 2019.
Untuk Menko Perekonomian ada beberapa nama kandidat seperti Sri Mulyani Indrawati yang duduk di kursi Menteri Keuangan, Airlangga Hartarto yang menduduki Menperin, eks Gubernur BI Agus Martowardojo, sampai Dubes RI untuk AS Mahendra Siregar. Nama Sri Mulyani jadi calon Menko Perekonomian.
Posisi Menteri Keuangan kabarnya akan kembali diisi oleh petahana Sri Mulyani. detikers juga mengusulkan Chatib Basri hingga Agus Martowardojo.
Untuk calon Menteri BUMN, nama Ketua TKN Erick Thohir sempat menguat, sementara detikers menempatkan Budi Karya Sumadi disusul Dwi Sutjipto dan Rudiantara. Nah untuk posisi Menteri PPN/ Kepala Bappenas kabarnya masih diisi menteri incumbent, yaitu Bambang Brodjonegoro.
Selanjutnya, Menteri Pertanian kabarnya datang dari Gerindra yakni Waketum Edhy Prabowo. Sedangkan Basuki Hadimuljono kabarnya tetap akan di posisi Menteri PUPR, sementara untuk posisi Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian masih membayang, diisukan ada Sandiaga Uno menjadi kandidat namun belum kuat. detikers menjagokan Erick Thohir dan Nadiem Makarim di dua teratas posisi menteri tersebut.
Sementara itu untuk posisi Menteri Ketenagakerjaan, detikers mengunggulkan Budiman Sudjatmiko, Ganjar Pranowo, sampai Saifullah Yusuf. Untuk Kementerian Desa dan PDT kabarnya akan dipimpin kader PDIP, ada beberapa nama yang menguat salah satunya Bambang Wuryanto (Bambang Pacul).
Untuk posisi Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) kabarnya juga masih diisi menteri incumbent. Kursi Menteri Koperasi dan UMKM kabarnya akan diisi istri menteri incumbent AA Gede Ngurah Puspayoga, yaitu Gusti Ayu Bintang Darmawati.
Baca juga :
Sumber : Detik
PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah