Nunung Pakai Sabu 20 Tahun, BNN Jelaskan Faktor-faktor Orang Candu Narkoba

Image result for nunung
pt rifan financindo - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengatakan banyak faktor yang membuat orang menjadi pecandu narkoba dalam kurun waktu yang panjang, seperti komedian Nunung. Faktor tersebut bisa dari jenis narkotika yang dipakai hingga pengaruh lingkungan.
Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari mengatakan semua jenis narkotika mengandung zat yang bisa menimbulkan candu. Si pemakai akan memiliki ketergantungan pada narkotika.
"Karena semua jenis narkoba memiliki zat adiktif, yang menimbulkan ketagihan dan berakibat kecanduan. Yang artinya memiliki ketergantungan terhadap narkoba yang dikonsumsi," kata Irjen Arman Depari.
Namun Arman belum bisa memastikan apakah Nunung mengkonsumsi narkoba selama 20 tahun berturut-turut atau ada jeda waktu. Arman mengatakan hal itu akan diketahui setelah asesmen.
"Tunggu hasil asesmen, apakah terus-menerus atau ada masa jeda. Termasuk jenis yang digunakan," ujarnya.
Kabag Humas BNN Kombes Sulistyo Pudjo menambahkan, faktor lain berasal dari lingkungan sekitar pemakai. Menurutnya, Nunung menjadi pemakai dengan waktu yang lama karena tak ada keseriusan dari orang terdekat melarangnya.
"Yang jelas, orang sampai lama gitu yang jelas inner circle-nya ini tidak memiliki cukup kekuatan untuk mampu menyetop, mungkin suami, atau anak bilang jangan, tapi tidak sampai betul-betul dipatuhi oleh Nunung inner circle tidak betul-betul memiliki kemampuan untuk dipatuhi penggunanya. Mungkin dominasi itu tidak juga memiliki memiliki karakter yang tidak bisa dikendalikan oleh suami, suami sudah berkali-kali nasihat, tapi hanya sekadar nasihat nggak sampai bisa melarang," kata Kombes Pudjo.
Pudjo juga berbicara soal faktor pergaulan di sekitar Nunung. Menurutnya, pergaulan juga menjadi salah satu faktor penting yang membuat Nunung susah berhenti memakai narkoba.
"Pengaruh lingkungan itu penting sekali, bergaulnya salah atau mungkin salah satu kawannya bandar. Namun, kalau itu kita nanti kita lihat hasil asesmen gimana, sejauh ini informasi yang kita dengar dia pemakai, tapi yang lebih jelasnya asesmen itu yang akan dinyatakan oleh penyidik dan dibantu BNN," ucapnya.
Pudjo mengatakan mengkonsumsi narkoba dengan waktu yang cukup lama seperti Nunung memang sulit untuk disembuhkan. Salah satu cara yang bisa dipakai adalah berobat dengan intensif.
"Kalau 20 tahun (memakai narkoba) nggak bisa disetop, harus berobat, kecanduan harus berobat. Menyetopnya itu harus dengan pengobatan dan pendampingan keluarga," sebutnya.
Diberitakan sebelumnya, polisi menyebut Nunung sudah menggunakan sabu selama 20 tahun. Hal itu didasari oleh pengakuan Nunung dalam pemeriksaan.
"Pengakuan tersangka NN dan suaminya, JJ, dan sudah dituangkan juga dalam berita acara pemeriksaan, ya diakui awal penggunaan 20 tahun yang lalu," kata Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvin Simanjuntak di Polda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta.
Baca juga :
pt rifan financindo
pt rifan financindo
rifan financindo
Sumber : Detik
PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah