PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Ramai ‘Baper’ Path Tutup, Apa Sih Dampaknya Untuk Kesehatan Jiwa?


5d4049dc-7590-4da9-b7cc-6f7f20cb3747_169
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Maraknya warganet yang mulai kembali bernostalgia dengan momen-momen yang diabadikan di Path, bisa menimbulkan rasa baper bahkan sensasi kehilangan yang cukup terasa bagi para penggunanya.
Apakah Path tutup bisa memengaruhi kesehatan jiwa penggunanya? Menurut psikiater dari RS Jiwa Dharmawangsa, dr Tun Kurniasih Bastaman, SpKJ(K), fenomena ini tidak begitu berdampak bagi kesehatan jiwa penggunanya.
“Tidak sesederhana itu, kembali lagi ke background masing-masing individu, apakah memiliki gangguan sebelumnya atau tidak,” ujarnya, kepada detikHealth, Selasa (18/09/2018).
dr Tun menjelaskan bahwa seseorang yang sebelumnya sudah memiliki gangguan kejiwaan, seperti depresi bisa memicu terjadinya kesedihan yang mendalam saat mengingat momen masa lalu.
“Kalau sudah ada gangguan berat, misal depresi yang berat, ciri-cirinya ingin bunuh diri, maka path itu bisa jadi pemicu. pemicu ya bukan jadi penyebab,” tambahnya.
Ia juga menegaskan, bahwa jika individu tersebut mengalami rasa sedih yang mendalam, carilah alternatif. Caranya adalah dengan melakukan hubungan sosial, seperti menjalin hubungan dengan keluarga, kerabat, maupun teman kerja.
“Kalau medsos itu jadi satu-satunya bagi kita untuk melakukan aktivitas sosial, tentu lebih besar pengaruhnya jika dibandingkan dengan mereka yang punya banyak pilihan,” tutupnya.

(fds/fds)
Sumber: Detik
Akb – rifanfinancindo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah