KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

TEKNOLOGI MERAJAI DUNIA DAN HAL MUSTAHIL TERWUJUD

Share this history on :

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO - SEMARANG, Berbagai jenis teknologi ditemukan berkat jasa berbagai tokoh hebat di masa lalu. Usaha mereka yang tidak kenal lelah membuat umat manusia menerima manfaat besar.

Berikut beberapa orang yang berjasa menemukan teknologi revolusioner, 

1. Henry Edward - Bapak Komputer Personal

Henry adalah pendiri perusahaan bernama Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS) di tahun 1970. Perusahaan itu mengembangkan Altair 8800 yang disebut-sebut sebagai komputer personal pertama di dunia.

Altair 8800 yang memakai mikroprosesor Intel 8080 memicu tokoh besar selanjutnya seperti Bill Gates untuk mengembangkan software komputer. Pria berkebangsaan Amerika Serikat itu tutup usia pada tahun 2010 di umur 69 tahun.

2. Willard Boyle - Bapak Kamera Digital

Ketika berkarir di Bell Laboratories pada tahun 1969, Boyle bersama koleganya George E. Smith menciptakan teknologi CCD (charge-coupled device). Teknologi ini berperan sangat besar pada perkembangan kamera digital.

Teknologi tersebut memungkinkan gambar dikonversi secara langsung menjadi data digital. Pada tahun 2009, pria berkebangsaan Kanada dan Amerika Serikat itu meraih penghargaan sangat bergengsi, yaitu Nobel Fisika atas penemuannya tersebut. Willard meninggal di tahun 2011.

3. Martin Cooper - Bapak Ponsel

Tahun 1970, Martin Cooper menjabat sebagai manajer umum Motorola's Communications Systems Division. Bersama timnya, dia mengembangkan ponsel pertama yang kelak dinamakan sebagai Motorola Dyna-Tac.

Martin juga mendapat kehormatan untuk melakukan panggilan pertama di ponsel portable tersebut pada 3 April 1973. Kini, lelaki berkebangsaan Amerika Serikat itu menjadi CEO sebuah perusahaan bernama ArrayComm Inc.

4. Ralph H. Baer - Bapak Video Game

Ralph yang kelahiran Jerman ini mengembangkan sistem konsol video game pertama di tahun 1960-an. Namanya adalah Brown Box yang teknologinya dilisensi pada perusahaan bernama Magnavox. Hasilnya adalah sebuah konsol game bernama Oddysey. 

Pada tahun 2006, dia mendapat penghargaan bergengsi National Medal of Technology yang diserahkan presiden Amerika Serikat kala itu, George W. Bush. Penghargaan diberikan berkat jasa-jasanya mempelopori teknologi konsol video game. Dia meninggal dunia tahun 2014.

5. Vint Cerf & Robert Kahn - Bapak Internet

Pada tahun 1970, Vint Cerf, developer protokol ARPANET Network Control Program (NCP) bergabung dengan koleganya Robert Kahn dari Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Mereka mendesain TCP/IP - Internet Protocol Suit.

Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) adalah protokol komunikasi fundamental yang menjadi 'jantungnya' internet. Kedua tokoh tersebut telah menerima begitu banyak penghargaan karena jasa mereka yang memang luar biasa sehingga dunia mengenal internet.

6. Bill Moggridge & Adam Osborne - Bapak Laptop

Menentukan siapa 'bapaknya' laptop memang cukup membingungkan. Beberapa pihak menilai penemunya adalah Bill Moggridge yang mendesain laptop pertama bernama GRiD Compass.

Yang lain menganggap penemu laptop adalah Adam Osborne dengan penemuannya, laptop Osborne 1 yang dianggap sebagai komputer portabel dan komersial pertama. Namun keduanya dinilai punya peran sama pentingnya dalam penemuan komputer jinjing.

7. Tim Berners Lee - Bapak World Wide Web

Sir Tim Berners-Lee adalah penemu world wide web (www). Ia menyusun sebuah sistem untuk mengorganisasi, menghubungkan dan menjelajah dunia maya dalam komputer. Dia menciptakan program ini ketika masih bekerja di CERN di Jenewa.

Sir Tim sekarang menjabat sebagai direktur World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang bermarkas di Boston, tempat di mana dia mendedikasikan diri sebagai akademisi. Dia telah diberi penghargaan sebagai Greatest Britons atau Orang Inggris Terhebat pada tahun 2004. 

Sekelompok ilmuwan dari China berhasil melakukan eksperimen teknologi teleportasi. Itu artinya teleportasi yang biasanya tersaji di layar lebar, kini mulai bisa diciptakan dalam ke dunia nyata meski masih tahap sangat awal.

Kelompok ilmuwan dari Universitas Sains dan Teknologi China berhasil melakukan eksperimen teleportasi dari permukaan bumi ke orbit satelit sejauh 300 mil atau sekitar 500 kilometer. Eksperimen ini melibatkan fisika kuantum yang menggunakan obyek foton kemudian diteleportasikan ke tempat lain dengan sekejap.

Foton atau partikel dasar dalam fenomena elektromagnetik ini diteleportasikan oleh ilmuwan China dari bumi, tepatnya laboratorium yang ada Tibet ke satelit Micius yang melayang di orbit.

Ke depannya, satelit yang dirancang khusus untuk menangkap informasi dan foton ini melakukan tes sebaliknya, yaitu dari satelit ke laboratorium di bumi. Bila berhasil, maka artinya langkah yang signifikan menuju komunikasi kuantum di masa mendatang.

Eksperimen yang dikembangkan oleh ilmuwan China tersebut mengalahkan rekor sebelumnya terkait kuantum sejauh 86 mil, seperti diwartakan Tech Times, Kamis (13/7/2017). Selain itu merupakan eksperimen pertama yang berhasil dilakukan di luar laboratorium.

Memang teleportasi dalam konteks ini belum secanggih yang terlihat dalam film fiksi ilmiah, di mana mampu memindahkan obyek nyata dari satu tempat ke tempat lainnya dalam waktu singkat. Tetapi keberhasilan ini diharapkan membuka harapan teknologi mutakhir semakin bisa direalisasikan.

"Teleportasi skala besar dapat direalisasikan dan diharapkan memainkan peran kunci dalam distribusi internet kuantum di masa depan," ujar Profesor chao-Yang Lu yang memimpin ilmuwan Universitas Sains dan Teknologi China dikutip dari The Guardian.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.