KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

PT KAI BERENCANA MEMBUAT 10 PERJALANAN JAKARTA-CIKARANG

Share this history on :

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO - SEMARANG, PT KAI Commuter Jakarta (KCJ) akan membuka rute baru perjalanan kereta dari Stasiun Jakarta Kota-Stasiun Cikarang pada bulan September 2017 mendatang. Pada tahap awal, akan ada 10 perjalanan per hari yang melayani rute tersebut.

"Pada awal pembukaan, kita akan ada 5 perjalanan PP (pulang pergi). Artinya, 10 perjalanan per hari," kata Vice President (VP) Communication PT KCJ, Eva Chairunnisa, di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2017).

Eva sendiri mengaku belum menghitung berapa potensi penumpang perjalanan Jakarta Kota-Cikarang maupun sebaliknya per hari. Namun, dirinya yakin jumlah penumpang akan bertambah secara signifikan seiring dibukanya rute baru tersebut. Bila dibutuhkan, Eva mengatakan pihaknya akan menambah jumlah perjalanan rute tersebut.

Nantinya, rute Jakarta Kota-Cikarang akan menggunakan formasi 8 gerbong dalam 1 rangkaian. Tidak menutup kemungkinan, formasi tersebut akan ditambah menjadi 12 gerbong bila memang jumlah penumpang yang banyak untuk rute itu.

"Cikarang-Jakarta Kota, di awal kita pakai 8 gerbong untuk 1 rangkaian. Kalau memungkinkan, nanti akan ditambah memakai 12 gerbong," tutur Eva.

Eva mengatakan, dengan menggunakan formasi 8 gerbong, jumlah penumpang yang bisa diangkut dalam 1 kali perjalanan bisa mencapai 1.840-2000 penumpang. Karena, 1 gerbong KRL bisa menampung 230-250 orang. Jumlah tersebut lebih banyak bila dibanding dengan kereta lokal, Kereta Jatiluhur dan Kereta Walahar Ekspress yang biasanya digunakan warga dari maupun menuju Cikarang. Kereta lokal sendiri, dalam 1 rangkaian memiliki 9 gerbong. Per gerbong bisa diisi 100-130 orang.

"Jadi dari sisi angkut lebih banyak," ucap Eva.

Saat KRL tujuan Jakarta Kota-Cikarang mulai beroperasi, nantinya kereta lokal akan potong relasi di Stasiun Cikarang. Jadi, bila sebelumnya kereta lokal melayani Purwakarta-Tanjung Priok, nantinya kereta tersebut hanya Purwakarta-Cikarang begitu pun sebaliknya. Sementara warga yang akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta, bisa menggunakan KRL.

"Nantinya KA lokal Purwakarta-Tanjung Priok akan dipotong sampai Cikarang. Dari Cikarang ada KRL hingga Jakarta," tutup Eva. 

PT KAI Commuter Jakarta (KCJ) mengadakan uji coba rute baru, yaitu Jakarta Kota-Cikarang. Rencananya, rute baru tersebut akan diresmikan pada September 2017.

Uji coba dilakukan dari Stasiun Manggarai hingga Stasiun Cikarang. Yang diuji coba kali ini adalah sinyal dan kelistrikan untuk rute tersebut. Waktu tempuh dari Stasiun Manggarai hingga Stasiun Cikarang dalam uji coba kali ini adalah 1 jam.

"Hari ini uji coba kelistrikan dan sinyal," ujar Vice President (VP) Communication PT KCJ Eva Chairunisa di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (28/7/2017).

Menurut Eva, nantinya dari Stasiun Jakarta Kota sampai Stasiun Cikarang akan ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam 30 menit. Sedangkan dari Stasiun Manggarai hingga Stasiun Cikarang sekitar 1 jam.

PT KCJ Uji Coba Sinyal dan Listrik KRL Rute Jakarta Kota-CikarangUji coba Commuter Line Jakarta Kota-Cikarang 


"Nantinya dari Manggarai-Cikarang sekitar 55 menit hingga 1 jam. Untuk Jakarta Kota-Cikarang sekitar 1 jam 20 menit hingga 1 jam 30 menit," kata Eva.

Dari Manggarai, kereta menuju Cikarang akan melewati rute yang sama hingga Stasiun Bekasi. Kereta akan berhenti di Stasiun Jatinegara, Stasiun Klender, Stasiun Buaran, Stasiun Klender Baru, Stasiun Cakung, Stasiun Kranji, dan Stasiun Bekasi. 

Dari Stasiun Bekasi ke Stasiun Cikarang, ada 4 stasiun tambahan yang akan dilalui dan kereta akan berhenti. Stasiun tersebut adalah Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun, Stasiun Cibitung, dan terakhir di Stasiun Cikarang.


PT KCJ Uji Coba Sinyal dan Listrik KRL Rute Jakarta Kota-CikarangUji coba Commuter Line Jakarta Kota-Cikarang 

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.