KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

BEBERAPA TRADISI FESTIVAL DAN BELANJA DI AUSTRALIA

Share this history on :

RIFANFINANCINDO

Rifanfinancindo - Semarang,  Rasanya bukan hal aneh jika melihat orang yang memborong barang diskonan saat di pasar malam. Namun ketika berada di Festival Royal Easter Show, Sydney, Australia, cara memborong barang diskonan tak seperti negara lain.
Australia punya "showbag" alias tradisi para penjual yang menjual barang-barangnya dalam satu tas. Untuk memilih paket barang yang dijual, penjual memajang contoh isi tas yang ditempel di dinding.
"Ini tradisi yang sudah tua, ada sekitar 100 tahun lalu. Memang ini cuma ada di Australia," kata Manager Trade Marketing Royal Agricultural Society of NSW, Belinda Dona saat ditemui di acara Royal Easter Show, Sydney, Rabu (19/4/2017).
Tak hanya retail, menurut Belinda stasiun radio, televisi, majalah, atau rumah produksi film juga turut ikut serta dalam showbag. Jadi bayangkan betapa beragam barang yang dijual di showbag.
Saat KompasTravel mengunjungi Royal Easter Show dalam acara media trip Golden Rama Tours & Travel, kami mendapati kios-kios besar dengan warna meriah menempel barang jualannya di dinding.
Misalkan kios rumah produksi film akan menempel aneka merchandise unik seperti tas ransel, kaca mata, boneka, dan buku notes di di dinding.
Kios permen dan biskuit, akan menempel segala permen dan biskuit yang dipaket menjadi satu tas. Paket jualan begitu beragam, begitu juga harganya. Harga ditentukan komposisi barang jualan dalam satu tas.
Kios showbag di Australia.(Kompas.com/Silvita Agmasari)
KompasTravel sendiri berhasil membeli lima biskuit dari perusahaan biskuit asal Australia Arnott's dengan harga 10 dollar Australia atau setara Rp 100.000. Di supermarket harga satu biskuit melebihi harga dua dollar Australia.
Untuk membeli paket showbag yang diinginkan, pengunjung hanya perlu menunjuk contoh paket yang ditempel di dinding. Kemudian penjual akan mengambilkan tas yang sudah disiapkan sebelumnya, berisi sama persis seperti contoh di dinding.

Umumnya paket dengan barang yang menarik akan lebih cepat habis. Alhasil showbag berhasil mendorong minat para pembeli.

Selain harganya yang lebih murah, isi yang banyak, pengunjung juga semakin menarik karena contoh display barang yang ditempel di dinding dalam dekorasi nan meriah.
Tradisi yang dipercaya berawal dari Royal Easter Show ini dikatakan Belinda juga menjadi cara jitu untuk meningkatkan kesadaran akan merek atau perusahaan yang menjual show bag.
Ada anak-anak yang berlarian mengejar domba, memeluk kambing, sampai mengelus ayam. Pemandangan seperti ini tak hanya ada bisa dilihat di pedesaan Indonesia. Di Australiatepatnya Royal Easter Show, anak-anak dijauhkan dari dogma bahwa hewan ternak kotor dan bau harus dihindari.
"Royal Easter Show awalnya dibuat untuk memperkenalkan produk pertanian ke anak-anak yang tinggal di kota. Sekarang terus berkembang," kata Manager Trade Marketing Royal Agricultural Society of NSW, Belinda Dona saat ditemui di acara Royal Easter Show, Sydney, Rabu (19/4/2017).
Saat ini Royal Easter Show tercatat sebagai acara tahunan terbesar diAustralia, sejak pertama kali diselenggarakan di tahun 1823. Royal Easter Show selalu diselenggarakan selama dua minggu pekan Paskah.
Oleh karena itu, tanggal penyelenggaraan Royal Easter Show tiap tahun tidak menentu. Namun yang pasti Royal Easter Show belakangan selalu diselenggarakan di Sydney Olympic Park, berjarak tempuh satu jam dari Kota Sydney.
Seorang anak bermain dengan kambing di Royal Easter Show.(Kompas.com/Silvita Agmasari)
Selain berinteraksi dengan hewan-hewan ternak, Royal Easter Show juga memiliki kegiatan lainnya yang bermanfaat untuk anak-anak. Di sini semua orang dapat berinteraksi dan belajar langsung dengan para petani dan peternak. Misalnya memerah susu, melihat proses ternak tiram, atau belajar proses produksi madu. Kontes hasil tani, ternak, dan kerajinan tangan juga digelar di Royal Easter Show.
Selain belajar, anak-anak juga dapat bermain di berbagai wahana yang disediakan. Demi keamanan, wahana permainan dibagi dalam dua tempat yakni khusus anak-anak dan khusus dewasa.
Pameran lain yang tak kalah seru adalah Showbag, alias tradisi belanja borong unik khas Australia. Beruntung team mengunjungi Royal Easter Show dalam acara media trip Golden Rama Tours & Travel bertepatan dengan hari penutupan festival tersebut.
Kami dapat menonton acara kontes rodeo, atraksi motor trail, dan kembang api penutupan. Royal Easter Show adalah acara yang sayang untuk dilewatkan jika berwisata di Australia sekitar hari Paskah. Sebab acara ini cocok untuk keluarga baik untuk balita, remaja, hingga orang tua. Tahun depan, Royal Easter Show akan diselenggarakan pada tanggal 23 Maret - 3 April 2018.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.