KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Tahukah Anda Bahwa Ada Sekitar 1 Kg Bakteri di Sistem Pencernaan Manusia?

Share this history on :


Rifan Financindo Berjangka Semarang - Meskipun Anda merasa sehat secara fisik, namun faktanya tetap ada bakteri di dalam tubuh Anda, bahkan dengan jumlah yang tak sedikit. Salah satunya di bagian sistem pencernaannya, yang jumlahnya mencapai 1 kg.

"Ya, ada sekitar 1.000 gram atau 1 kg komponen mikrobiologi seperti bakteri di sistem pencernaan. Juga di bagian tubuh lain seperti hidung, mulut, vagina, dan kulit," ungkap Prof Edith Feskens, dari Wageningen University, Belanda, dalam kuliah umum yang diadakan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jumat (27/6/2016).

Bakteri yang paling banyak berada di sistem pencernaan manusia adalah jenis Bactercidetes. Sementara di bagian hidung ada sekitar 10 gran bakteri, dengan mayoritas jenis Streptococcus.

"Di bagian mulut ada sekitar 20 gram dengan jenis Streptococcus dan Neisseria. Di vagina juga ada sekitar 20 gram, dengan mayoritas jenis Lactobacillus," sambungnya.

Selain di sistem pencernaan, bagian tubuh lain yang juga menjadi 'rumah' bagi bakteri yaitu kulit. Di kulit, terdapat sekitar 200 gram bakteri, dengan mayoritas jenis Staphilococcus dan Corynebacteria.

"Jadi kalau dihitung, jumlah bakteri di dalam sel tubuh itu lebih dari 1,2 kg," imbuh Prof Edith.

Tak semuanya adalah bakteri 'jahat', sebagian juga termasuk dalam kategori bakteri yang baik. Salah satunya jenis Lactobacilli. Bakteri ini diketahui membantu proses produksi vitamin dan nutrisi, serta meningkatkan fungsi imun dan melindungi tubuh dari karsinogen.

"Yang perlu diketahui, perkembangan bakteri-bakteri ini tak hanya dipengaruhi oleh gen, tapi juga diet. Diet rendah serat misalnya, dapat menurunkan produksi bakteri baik di sistem pencernaan," terang Prof Edith.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.