Mengatasi Sembelit pada Bayi yang Baru Mendapat MPASI



Rifan Financindo Berjangka Semarang - Susah buang air besar alias sembelit juga bisa dialami bayi berusia di bawah satu tahun yang baru saja mendapat makanan pendamping ASI (MPASI). Saat ini terjadi, apa yang perlu dilakukan?

dr Melisa Anggraeni, Mbiomed, SpA dari RS Siloam Lippo Cikarang beberapa waktu lalu mengatakan sembelit pada bayi, sebenarnya jarang ditemukan. Namun jika kondisi itu terjadi, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Pertama, alergi atau infeksi. Jika alergi penyebabnya, tentu anak perlu menghindari makanan tertentu yang menjadi pemicu alerginya. Yang sering ditemui adalah alergi susu sapi, di mana ini banyak terjadi pada bayi yang tidak mendapatkan air susu ibu (ASI).

Kedua, sembelit karena gangguan pada usus besarnya. Ini kerap ditemukan pada bayi di fase transisi pemberian makanan padat. 

dr Melisa menyarankan pemberian bubur buah pir atau plum, karena menurutnya bisa membantu mengatasi sembelit bayi. Selain itu asupan air putih juga bisa ditambahkan.

Saran lain disampaikan dr Attila Dewanti, SpA. Mengingat pada beberapa anak di bawah satu tahun, 10-20 persen enzim pencernaan belum matang, bisa saja sembelit terjadi. "Untuk itu coba tambahkan pepaya," saran dr Attila baru-baru ini.

Sebab dalam pepaya terkandung papain, yakni enzim jenis protease. Enzim ini memainkan peran kunci dalam proses pencernaan, terutama saat memecah serat protein.

"Jadi kalau masih sembelit, coba tambahkan pepaya. Memberi buah naga boleh, tapi ditambah dengan pepaya. Kasih makanan lain, tambahkan juga dengan pepaya," imbuh dr Attila.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah