KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Olahraga yang Paling Dianjurkan untuk Orang Obesitas

Share this history on :


Rifan Financindo Berjangka Semarang - Bukan rahasia lagi jika olahraga teratur bisa membantu mensukseskan program penurunan berat badan. Namun, bagi orang yang obesitas, olahraga jenis apa yang dianjurkan?

Menurut dr Ade Tobing SpKO, sebenarnya olahraga yang paling dianjurkan adalah olahraga dengan intensitas tinggi. Tapi, ditekankan dr Ade, untuk melakukannya, ada risiko yang bersangkutan mengalami cedera.

"Terutama cedera pada lutut dan ankle-nya karena berat badan yang luar biasa ya. Sehingga, biasanya kita menganjurkan dia bersepeda karena dengan bersepeda, berat badan akan tertopang di bokong kan. Atau olahraga di kolam renang juga lebih aman," tutur dr Ade usai Media Workshop #LawanNeuropati di Hotel Borobudur, Jakarta.


Berolahraga di kolam renang, dikatakan dr Ade tidak harus melakukan gaya renang lho. Gerakan yang bisa dilakukan di antaranya aquarobic atau walking in the water alias jalan di pinggir kolam. Dengan begitu, intensitas gerakan yang dilakukan akan stabil dan menurut dr Ade itu bagus sekali untuk lansia serta orang dengan obesitas. 

Pilihan lainnya yakni melakukan exercise sambil duduk misalkan saat duduk menggerakkan tangan dan tubuh. Terkait pemakaian gym ball, dr Ade menyarankan penggunaannya untuk mereka yang masih berusia di bawah 50 tahun. Sebab, jika lansia melakukan latihan dengan mengandalkan gym ball, risiko jatuh dan cedera lebih besar karena tubuh mereka yang pada dasarnya sudah kurang seimbang.

"Kalau untuk jumlah kalori yang dibakar, tergantung dari gerakan yang dilakukan ya. Kemudian jangan lupa, kalau pemanasan, misalnya pada leher, jangan dihentak-hentakkan, tapi tahan beberapa lama. Karena itu sifatnya bisa menimbulkan cedera juga sebab kita prinsipnya menarik serabut otot sehingga kita nariknya perlahan," pungkas dr Ade.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.