KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

32 Planet Ini Dihuni oleh Alien?

Share this history on :


Rifan Financindo Berjangka Semarang - Terdapat 32 planet di luar tata surya kita yang mungkin dapat menjadi tempat tinggal untuk makhluk hidup, demikian menurut Habitable Exoplanets Catalog.
Daftar tersebut disusun oleh para ilmuwan di Planetary Habitability Laboratory (PHL), University of Puerto Rico di Arecibo.
Mereka mengelompokkannya berdasarkan planet yang mengorbit bintang lain -- layaknya Bumi mengorbit Matahari -- karena nilai mendukung adanya kehidupan.

Seperti yang dikutip dari World Economic Forum, Minggu 24 April 2016, Exoplanet -- planet di luar tata surya -- yang memiliki potensi dapat ditinggali adalah yang dapat mendukung segala bentuk kehidupan. Hal tersebut dapat dilihat dari mikro organsime sederhana hingga tanaman dan hewan.Lalu, apa sebenarnya yang membuat sebuah planet dapat ditempati makhluk hidup?

Walaupun beberapa planet memiliki potensi tersebut, bukan berarti jejak kita dapat menemukan alien secara langsung di sana. Berdasarkan teknologi saat ini, kita hanya dapat menilai sedikit karakteristik yang dibutuhkan untuk kehidupan.
Ilmuwan PHL mendasari penilaian mereka dari apa yang saat ini dapat diukur. Pertama, adalah orbit planet di mana konsep zona layak huni berawal.
Hal tersebut dapat mengukur jarak planet ke bintang orbitnya dan memperkirakan paparan sinar dan temperaturnya, serta faktor lain seperti komposisi planet dan atmosfer potensial.

Sederhananya, sebuah planet tak bisa berjarak terlalu jauh atau dekat, karena bisa menghasilkan planet yang terlalu dingin atau panas.
Kedua, ukuran planet juga berperan dalam layak atau tidaknya tempat tersebut untuk dihuni. Seperti yang terdapat di dalam metirk, hanya planet antara subterran dan superterran yang diduga berpotensi ditinggali.

Berikut Planet yang Berpotensi untuk Dihuni
Berdasarkan metrik dan indikator, PHL menduga bahwa saat ini terdapat 32 exoplanet yang berpotensi dapat ditinggali, di mana 21 di antaranya diklasifikasi sebagai Superterran -- memiliki massa 5 - 10 kali lebih berat dari Bumi.
Sementara 11 di antaranya memiliki ukuran yang mirip dengan Bumi atau disebut terran. Hingga Januari 2016, belum ada exoplanet yang dapat dihuni diklasifikasi sebagai subterran -- berukuran lebih kecil dari Bumi.

Daftar tersebut berdasarkan jarak dengan Bumi, dengan exoplanet yang terdekat bernama tau Ceti e -- 12 tahun cahaya. Sementara Kepler-443b berjarak lebih dari 2.500 tahun cahaya.
PHL juga meyakini bahwa 10 hingga 20 tahun ke depan kita dapat melihat kemunculan teknologi yang membantu untuk menentukan apakah planet yang terdapat di daftar tersebut dapat ditinggali.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.