Khawatir Kelebihan Pasokan, Harga Minyak Tertekan

Ilustrasi Tambang Minyak (iStock)
Rifan Financindo Berjangka - Harga minyak dunia melemah di awal pekan ini, dan melanjutkan tekanan setelah dua minggu berturut-turut melemah. Hal itu dipicu dari kekhawatiran kelebihan pasokan produksi minyak karena musim panas dan siklus pemeliharaan kilang minyak Amerika Serikat (AS) berkurang.

Pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), harga minyak jenis Brent melemah 20 sen atau 0,4 persen menjadi US$ 47,79 per barel. Sedangkan harga minyak mentah berjangka AS susut 43 sen atau sekitar 1 persen menjadi US$ 44,17.

Selama dua minggu terakhir, kedua harga minyak acuan tersebut melemah 10 persen. Goldman Sachs memperingatkan risiko penurunan harga minyak pada 2016 juga memberikan tekanan ke harga minyak.Selain itu, pemanfaatan penyimpanan minyak oleh Eropa untuk penyulingan juga mendekati level tertinggi.

"Ada pembicaraan di pasar tentang ultra low sulfur diesel (ULSD) yang berpotensi penyimpanannya mencapai level tertinggi, dan itu membebani harga minyak," kata Dave Thompson, Trader dari Powerhouse seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (27/10/2015).

Sementara itu, Direktur International Energy Agency (IEA) Fatih Birol mengatakan, investasi untuk minyak cenderung menurun pada 2016. "Jika ini benar, maka ini akan menjadi pertama kalinya dalam dua dekade kita akan melihat investasi minyak menurun selama dua hari berturut-turut dan mungkin merupakan indikasi untuk pasar minyak ke depan," kata Birol. (Ahm/Igw)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah