KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Menko Sofyan: Harga BBM Agustus Tetap

Share this history on :
Harga premium mulai Senin (19/1/2015) turun menjadi Rp. 6.600 per liter. Namun, di beberapa SPBU ada yang menurunkan harga hanya menjadi Rp. 6.700 per liter. (Liputan6.com/Miftahul Hayat)
Rifan Financindo Berjangka - Pemerintah memastikan tidak akan menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) per 1 Agustus 2015 meski PT Pertamina (Persero) menanggung kerugian cukup besar dari bisnis tersebut. Alasan menetapkan harga jual BBM Premium dan Solar karena penurunan harga minyak dunia. 
 
"Rasanya tidak ada (perubahan harga). Kalaupun ada evaluasi pada 1 Agustus ini, cuma statement saja bahwa tidak ada penurunan dan kenaikan. Besok kita akan bicara dengan Menteri ESDM," tegas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil di kantornya, Jakarta, seperti dikutip Jumat (31/7/2015).    
 
Lebih jauh dia mengatakan, harga BBM saat ini menganut harga keekonomian sesuai harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah. Pemerintah sendiri melakukan evaluasi harga Premium dan Solar satu atau dua kali dalam sebulan. 
 
Terkait kerugian Pertamina yang mencapai Rp 12 triliun dari kebijakan tidak mengubah harga BBM, Sofyan membenarkannya.
 
Namun alasan pemerintah mempertahankan harga jual BBM pada Agustus ini karena merosotnya harga minyak dunia hingga ke level US$ 40-an per barel. 
 
"Iya (rugi), tapi kan ada penurunan harga minyak dunia. Jadi ada kombinasi, penurunan harga minyak, pelemahan rupiah. Ada kekurangan yang artinya kemarin kita tidak mengikuti harga pasar sepenuhnya. Maka ini perlu dikompensasi," tukas Sofyan. (Fik/Nrm)

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.