Malaysia Berhasil Kurangi 5000 Pengangguran Dalam 1 Bulan


Rifan Financindo Berjangka - Malaysia baru-baru ini diberitakan berhasil keluar dari ancaman deflasi di negerinya dengan laporan terakhir dari Departemen Statistik Malaysia pekan lalu untuk data inflasi bulan April yang menunjukkan laju yang signifikan dari periode bulan sebelumnya.

Sebelum data tersebut Bank Sentral Malaysia melaporkan  produk domestik bruto (PDB) Malaysia Januari-Maret melambat menjadi 5,6% dibanding periode sebelumnya yang tercatat sebesar 5,7% karena melemahnya ekspor di awal tahun ini. Kendati demikian PDB tiga bulan pertama 2015 sedikit lebih cepat dari perkiraan.

Malaysia Unemployment Rate
Namun lesunya pertumbuhan PDB tersebut tidak ditunjukkan dalam perbaikan pasar tenaga kerja negeri jiran ini yang hari ini Departemen Statistik Malaysia kembali laporkan terjadi penurunan jumlah pengangguran di negeri tersebut dan meningkatnya partisipasi angkatan kerja.

Tingkat pengangguran turun menjadi 3 persen pada Maret dari 3,2 persen pada bulan Februari. Penurunan ini mencerminkan penurunan dari 24.100 di jumlah pengangguran. Pada bulan Maret 2014, tingkat pengangguran ada di skor 3 persen. Dan secara bulanan juga turun menjadi 3 persen dari 3,2 persen. Penurunan tersebut disebabkan oleh kenaikan pada pasar tenaga kerja sebesar 0,7 persen menjadi 13,8 juta orang.

Dari data diatas jumlah pengangguran di negeri tersebut berkurang hingga 5300 orang ke 430.800 dari 454.900 pada bulan Februari. Selanjutnya juga dirilis tingkat partisipasi angkatan kerja naik  pada 67,7 persen dibandingkan 67,4 persen pada bulan Februari dan secara tahunan data partisipasi tersebut naik 0,8 persentase poin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah