Tips Menjadi Pemimpin Yang Tangguh

Infog - 16

Rifan Financindo Berjangka - (Business Lounge – Lead & Follow) – Sesungguhnya semua manusia layak menjadi pemimpin. namun tidak semua orang siap menjadi pemimpin bagi orang lain. Sikap kepemimpinan tersebut dapat dilatih. Walaupun untuk menjadi pemimpin bagi orang lain sebenarnya tidak mudah. Untuk menjadi seorang pemimpin yang tangguh tentunya  perlu melalui tahap tahap. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan kepemimpinan kita :
1. Mampu mengambil keputusan
Dalam mengambil keputusan seorang pemimpin harus bijak dalam mempertimbangkan segala hal dan segala aspek. Pemimpin juga harus memikirkan apa saja dampak dari keputusan yang akan diambilnya nanti. keputusan harus dipikirkan matang matang dan sebisa mungkin menghasilkan resiko dan dampak negatif sekecil mungkin. Terutama keputusan harus berdampak positif bagi orang lain dan bermanfaat bagi semua orang.
Selain itu pemimpin harus cepat dan efektif dalam berpikir, begitu pula saat mengambil keputusan. Pemimpin dituntut harus selalu tanggap terhadap situasi apapun di sekitarnya.
2. Mampu memberikan arah
Seorang pemimpin harus mampu memberikan arah yang jelas kepada semua anggotanya. jangan sampai pemimpin tidak berlaku tegas sehingga membuat orang lain mengambang dan tidak tahu harus berbuat apa. misalnya dalam organisasi, pemimpin harus melihat ke depan dan mempunyai arah yang jelas targetnya harus dibawa kemana organisasinya itu. Jika target jelas, maka pelaksanaan akan mengarah tepat dan mempunyai satu titik tujuan.
3. Pemimpin yang tangguh selalu memiliki arahan yang berdampak positif kepada semua orang.
Arah yang ditentukan pemimpin nantinya akan berdampak bagi semua orang. Dalam menentukan, tidak boleh ada keegoisan dan rasa ingin menang sendiri. Pemimpin harus memikirkan kebaikan bagi semua orang. Untuk mencapai kepemimpinan yang tangguh harus memilki arahan yang berakibat antara lain : Menimbulkan harapan,  membangun kepastian dan membangun semangat.
4. Tegas dan Konsisten
Ketegasan seorang pemimpin sangat penting dan sangat dibutuhkan. misal dalam organisasi pemimpin harus tegas dalam menghadapi anggota. Ketegasan seorang pemimpin akan menimbulkan rasa tanggung jawab yang besar para anggotanya dalam kinerjanya. Pemimpin yang tegas akan membuat anggota tidak asal asalan dan bekerja dengan efektif. konsisten dalam segala hal juga perlu bagi pemimpin. pemimpin diberi amanah yang lebih besar dibanding lainnya sehingga harus mempunyai pendirian dan prinsip serta konsisten atas ucapan dan perbuatannya.
5. Keterlibatan. Memimpin itu berarti melayani dan mengarahkan orang-orang di bawah Anda untuk mencapai kesuksesan. Tidak terpusat pada kesuksesan Anda sendiri! Pemimpin yang tangguh itu selalu memulai percakapan, bukan malah menghindari atau mengakhirinya. Semakin sering Anda melibatkan orang lain, maka Anda akan menjadi pemimpin yang baik.
Meskipun ucapan terima kasih itu terdengar sepele, namun tidak semua pemimpin bisa melakukannya. Anda bisa mengucapkan hal itu kepada karyawan yang memiliki kinerja yang baik, misalnya, menelpon dan mengucapkannya secara pribadi. Mereka pasti sangat menghargai Anda sebagai pemimpinnya.
Siapa pun bisa menjadi pemimpin, tapi tidak semua pemimpin dicintai bawahannya. Ketegasan seorang pemimpin tidak menyakiti perasaan bawahannya, malah membuat mereka semakin semangat. Terutama adalah  menjadi pemimpin harus sungguh sungguh dan dilandasi dengan niat hati yang bersih dan benar. Apakah arti pemimpin bagi Anda?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah