Pemprov DKI Gelontorkan Rp 1 Triliun Tiap Tahun untuk Tambah Lahan Makam




Rifan Financindo Berjangka Semarang-Pemprov DKI Jakarta sangat menyadari ketersediaan lahan makam yang dimiliki sekarang tak sebanding dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Pemakaman menggelontorkan dana senilai Rp 1 triliun setiap tahunnya, yang salah satunya digunakan untuk membeli tanah kuburan.

"Anggaran pembebasan RTH secara keseluruhan adalah Rp 1 triliun, itu termasuk untuk pembebasan untuk lahan makam," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Nandar Sunandar saat berbincang dengan detikcom, Selasa (20/1/2015).

Nandar menjelaskan, Pemprov DKI tengah berusaha keras agar bisa terus menambah ketersediaan lahan makam. Target yang dicanangkan adalah setiap tahunnya dapat membebaskan 50 hektar tanah untuk bisa digunakan sebagai lahan pemakaman.

"Target setiap tahunnya 50 hektar bisa dibebaskan. Itu juga sudah ada di renstra (rencana strategi-red) 2013-2017," jelas Nandar.

Saat ini, DKI Jakarta hanya mempunyai lahan makam seluas 31,3 hektar. Lahan seluas itu hanya bisa digunakan untuk dijadikan enam ribu liang lahat, masih sangat jauh dari kebutuhan masyarakat.

"Kita terus mengupayakan, jangan sampai masyarakat risau karena kekurangan ketersediaan lahan makam. Kalau soal pembebasan, saya tidak mau mengatakan itu sulit, yang penting kami terus mengupayakan," tegas Nandar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah