Hanya Mengubah Gaya Hidup, Lebih Dari Empat Jenis Kanker Dapat Dicegah



Rifan Financindo Berjangka Semarang - Menurut data dari lembaga penelitian kanker Inggris, Cancer Research UK, lebih dari empat dalam 10 jenis kanker dapat dicegah dengan menerapkan pola gaya hidup sehat. Merokok adalah faktor risiko kanker paling tinggi yang dapat dihindari oleh seseorang.

Dengan melihat data dari tahun 2007 sampai tahun 2011 ditemukan lebih dari 300 ribu kasus kanker berhubungan dengan rokok, 145 ribu kasus berhubungan dengan makanan, 88 ribu karena obesitas, dan 62 ribu karena alkohol.

Beberapa faktor seperti kerusakan kulit akibat sinar matahari dan jarang olahraga juga dikatakan peneliti berkontribusi terhadap banyaknya kejadian kanker.

Prof Max Parkin dari Cancer Research UK mengatakan telah banyak penelitian dilakukan melihat pengaruh gaya hidup dan kanker. Bukti-bukti yang muncul semakin memperkuat bahwa beberapa gaya hidup memang berkaitan erat dengan prevelansi kanker.

Rokok erat dengan kanker pada saluran pernasapan, obesitas dengan kanker pencernaan serta payudara, dan alkohol dengan kanker ginjal. Selain itu peneliti juga menemukan bahwa pada masalah obesitas, wanita lebih banyak terpengaruh dibandingkan dengan pria.

Cancer Research UK mendorong masyarakat mempertimbangkan kesehatan mereka saat membuat resolusi tahun baru.

"Menjalani gaya hidup sehat memang tidak menjamin seseorang tidak akan terkena kanker, tapi kita bisa menumpuk peluang yang dapat membantu mengurangi risiko kanker di masa yang akan datang," ujar Parkin seperti dikutip dari BBC pada Selasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah