Evaluasi 4 Hal Ini Saat Ingin Pindah Kerja ke Bidang yang Lebih Diminati



Rifan FInancindo Berjangaka Semarang - Hampir semua orang ingin bekerja di bidang yang disukai. Para ahli di bidang karier atau tokoh sukses pun selalu mengingatkan, jika seseorang bekerja mengikuti minat diri niscaya uang akan mengikuti. Namun pada kenyataannya, tak semua pekerjaan berlandaskan minat menjadi sebuah karier yang mendatangkan banyak uang. Alhasil, tak sedikit orang yang merasa galau dan terjebak antara pilihan passion atau kemapanan finansial. Mereka pun jadi ragu ketika ingin meninggalkan pekerjaan sekarang demi mengejar karir yang lebih sesuai dengan minat. Bila Anda merupakan salah satu karyawan yang tengah merasa demikian, evaluasikan empat hal berikut sebelum memutuskan untuk pindah kerja:

1. Analisa Pasar
Ada rasa bangga ketika kita benar-benar bekerja di bidang yang diminati atau telah dicita-citakan sejak kecil. Namun jika saat dijalani karir tersebut tidak membawa kepuasan dari segi finansial, wajar jika ada sedikit rasa kecewa. Untuk menghindari hal tersebut cobalah melakukan analisa terlebih dahulu sebelum memutuskan terjun ke bidang yang bersangkutan. Misalnya dengan melihat apakah Anda akan mengisi pasar yang potensial atau belum banyak terisi sebelumnya? Apakah tempat tinggal atau kota Anda adalah pasar yang tepat? dan lain-lainnya. 

Kemudian mintalah pendapat dari sejumlah kenalan yang bergelut di bidang serupa. Gali informasi mengenai apa saja kesulitan yang sering mereka hadapi, seperti apa pasar industri tersebut, perlukah mengambil studi tertentu, atau langkah apa yang harus dilakukan agar cepat naik pangkat, dan sebagainya.

2. Evaluasi Keuangan
Jika Anda sudah menyanggupi segala konsekuensi, mulailah evaluasi dari sesi keuangannya. Analisa apakah Anda bisa bertahan dengan penghasilan standar yang diberikan profesi tersebut. Bila memang cukup, lihat pula apa gaji Anda nantinya akan cukup untuk disisakan demi mengumpulkan uang pensiun. Jika kelihatannya sangat pas-pasan namun tekad sudah bulat, mungkin Anda harus mulai berpikir untuk mengambil pekerjaan tambahan. Jangan lupa, sebelum memutuskan resign dari pekerjaan sekarang, ada baiknya untuk menyiapkan dana ekstra demi menghadapi kondisi terburuk jika pekerjaan impian tidak berjalan sesuai keinginan.

3. Bersabar
Mungkin sebagian dari Anda sudah berada di karier yang sesuai passion namun masih belum puas dengan penghasilannya. Jika memang Anda sangat menyukai pekerjaan tersebut, ada baiknya untuk bersabar sebentar. Beberapa profesi memang memerlukan waktu untuk mencapai posisi tinggi dan kemampanan finansial. Pastikan saja jika Anda selalu bekerja dengan tulus, semangat, serta penuh dedikasi. Pikirkanlah sebuah tujuan yang bisa memotivasi, misalnya dengan mengingat kepentingan keluarga.

4. Mulai Pikirkan Karier Lain
Sudah menganalisa dan menemukan kenyataan jika karier impian tak sesuai dengan harapan? Tak perlu berkecil hati atau merasa kecewa. Cari saja pekerjaan yang memiliki detail kerja atau suasana nan hampir sama dengan apa yang Anda impikan. Misalnya jika Anda memiliki minat pada fashion namun belum memiliki kemampuan finansial untuk mendirikan sebuah brand. Anda bisa bekerja dulu di sebuah perusahaan ritel busana. Di sana, Anda bisa menyerap ilmu mengenai tekstil atau desain untuk dipergunakan di masa yang akan datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah