Negatif HIV, Lima Artis Ibukota Akan Dites Ulang


Rifan Financindo Berjangka Semarang - Voluntary counseling test (VCT) terhadap lima artis ibukota di Salatiga hasilnya non reaktif. Artinya, didalam tubuh mereka sementara tidak ada HIV.
Guna memastikan positif tidaknya terkena HIV AIDS, mereka akan kembali menjalani VCT. Namun kali ini, mereka akan meminta konselor melakukan VCT di Jakarta.
"Karena hasilnya semua masih non reaktif, semuanya saya minta tes lagi. Kayaknya saya yang diundang ke Jakarta," kata Andreas Bambang Santoso (56) alias Babe, aktivis penanggulangan HIV/AIDS Semarang yang bertindak sebagai konselor kelima artis tersebut, Kamis (27/11/2014) malam.
Lebih jauh Babe menjelaskan, di dalam penularan HIV AIDS, seseorang yang pertama kali terinfeksi HIV akan mengalami tiga periode triwulan masa inkubasi (post HIV). Yakni, seseorang bisa saja non reaktif pada saat VCT di tiga bulan pertama dan tiga bulan kedua, namun pada VCT ketiga bisa reaktif dengan hasil negatif ataupun positif.
"Makanya idealnya mereka tes sampai tiga kali periodik setiap 3 bulan," lanjutnya.
Dua kali periode pertama, disebut Babe, sebagai periode jendela atau Window Period. Pada masa jendela itulah, jelasnya, tes HIV jenis Eliza maupun Western Bold tidak mampu mendeteksi adanya virus HIV.
"Metode yang kita gunakan sementara saat ini dengan rapid test, waktunya singkat," ujar Babe.
Menurut Babe, tes HIV menggunakan rapid tes membutuhkan waktu tidak lebih dari satu jam hingga hasilnya diketahui. Di dahului oleh konseling, kemudian pengambilan sampel darah sebanyak 2,5 cc lewat pembuluh vena, menunggu selama 15 menit dilanjutkan dengan konseling akhir untuk mengetahui status HIV.
"Sehingga saya menyarankan kepada pasien yang habis transfusi di RS agar mengikuti tahapan tes seperti itu. Dimulai dari tiga bulan setelah transfusi, sebab transfusi darah masih termasuk salah satu media penularan HIV," ujarnya.
Diberitakan sebelumya, lima artis Ibu Kota dikabarkan menjalani voluntary counseling test (VCT) di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Dari lima artis tersebut, dua di antaranya berjenis kelamin perempuan. Mereka datang ke Salatiga dalam dua gelombang, yakni pada akhir Oktober dan pertengahan November lalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah