Harga Kopi Arabika Melambung Tinggi Pekan Lalu di ICE US, Brasil Memanas

Harga kopi arabika di bursa ICE Futures US pada penutupan perdagangan pekan lalu ,22-26 September 2014, terpantau ditutup menguat signifikan. Penguatan harga kopi arabika ICE US pada perdagangan pekan lalu dipicu oleh sentimen kuat dari perubahan cuaca di Brasil.

Posisi trend harga kopi arabika yang sebelumnya berada dalam kecenderung lemah akibat hujan di Brasil terpantau berbalik signifikan pada perdagangan pekan lalu di ICE US. Cuaca Brasil yang beralih ke kondisi panas kering memicu harga kopi untuk bergerak menguat pada pekan lalu. Adapun dampak dari sentimen tersebut membuat harga kopi arabika dapat menguat di 4 dari 5 hari perdagangan pekan lalu.

Landasan dari penguatan harga kopi di ICE US pada pekan lalu, kembali dipicu oleh ekspektasi penurunan produksi kopi Brasil. Cuaca yang panas dan kering, dianggap menjadi potensi kuat yang dapat memicu kerusakan pada lahan kopi Brasil. Dampak dari hal tersebut, harga kopi arabika pun relatif leluasa bergerak menguat akibat posisi Brasil selaku penghasil dan pengekspor kopi nomor 1 dunia.

Sedangkan terkait satu-satunya hari perdagangan yang ditutup dengan pelemahan pada perdagangan pekan lalu, pelemahan tersebut lebih dilandasi oleh faktor teknikal dibandingkan dengan fundamental. Pergerakan menguat tajam harga kopi sejak awal pekan lalu, membuat posisi harga secara teknikal cenderung overbought. Dampak dari hal tersebut , harga pun terkoreksi akibat aksi jual untuk pengambilan profit.

Pada penutupan perdagangan kopi arabika pekan lalu di bursa ICE Futures US, harga kopi arabika terpantau ditutup menguat signifikan. Harga kopi arabika berjangka ICE US untuk kontrak Desember 2014 pada pekan lalu dapat menguat sebesar 4,52% dalam sepekan ke tingkat harga $.186,05/ton atau naik $8.05/ton.

Sementara pada penutupan perdagangan kopi robusta di bursa LIFFE, harga kopi robusta juga ditutup menguat pekan lalu meski tidak terlalu signifikan. Harga kopi robusta berjangka LIFFE untuk kontrak November 2014 naik 0,77% ke tingkat harga $1.955/ton atau menguat $15/ton.

Harga kopi arabika dan robusta masih berpotensi melanjutkan penguatan apabila kondisi cuaca masih cenderung panas dan kering di Brasil sepanjang pekan ini. Hal tersebut dilandasi oleh potensi terganggunya tanaman kopi Brasil yang sebelumnya telah terancam oleh kekeringan di awal tahun. Terkait pergerakan harga kopi pekan ini, range normal diprediksi akan berada di kisaran $170-$198 pada arabika dan $1.900-$1.995 pada robusta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah