Harga Minyak Mentah WTI Anjlok, Data EIA Selaras Dengan API

Harga minyak mentah WTI pada perdagangan Rabu 30 Juli 2014 di Bursa Nymex terpantau ditutup melemah signifikan. Pelemahan harga minyak mentah jenis WTI di Bursa Nymex dipicu oleh posisi demand pada minyak mentah WTI di pasar domestik AS yang masih terindikasi cukup kuat sedang mengalami pelemahan.
Rilis data mingguan persediaan bensin dan minyak mentah AS oleh EIA pada pekan ini, terpantau cenderung memberikan sentimen negatif pada pergerakan harga minyak mentah WTI di Nymex. Kondisi selaras dengan data API yang menunjukan adanya pengurangan persediaan minyak mentah namun peningkatan pada persediaan bensin, kian melemahkan harga minyak mentah akibat indikasi pelemahan demand.
Berdasarkan data persediaan EIA, persediaan minyak mentah AS yang sebelumnya berada di pengurangan sebesar 3.970.000 barrel, pada pekan ini kembali turun sebesar 3,7 juta barrel. Namun, pada data persediaan bensin yang pada pekan lalu naik 3 kali lipat dari ekspektasi di level 3.400.000, pada pekan ini kembali naik sebesar 400.000 barrel. Dampak dari kondisi mixed pada data tersebut, harga minyak mentah WTI berpotensi untuk melanjutkan pola pergerakan pekan lalu dengan pelemahan secara agregat sepekan.
Terkait untuk pergerakan minyak mentah jenis Brent yang juga diperdagangkan di Nymex, kondisi oversupply minyak mentah di pasar global terpantau masih mendorong harga minyak mentah tersebut untuk melemah. Harga minyak mentah Brent yang sempat terangkat akibat ketidakstabilan keamanan di Libia, Irak, dan Rusia, kini harus kembali melemah akibat tumpukan supply di pasar Asia dan Eropa.
Pada perdagangan Rabu 30 Juli 2014 di Bursa Nymex, harga minyak mentah WTI terpantau ditutup melemah cukup signifikan. Harga minyak mentah WTI berjangka Nymex untuk kontrak September 2014 turun 0,69% ke tingkat harga $100,27/barrel atau melemah $0,70/barrel.
Sementara pada perdagangan minyak mentah jenis Brent di Nymex, harga minyak mentah jenis tersebut juga ditutup melemah signifikan. Harga minyak mentah Brent berjangka Nymex untuk kontrak Desember 2014 turun 0,82% ke tingkat harga $107,32/barrel atau melemah $0,89/barrel.
Harga minyak mentah WTI masih akan cenderung untuk bergerak melemah pada perdagangan hari ini di Nymex. Hal tersebut dilandasi oleh posisi sentimen negatif kuat dari indikasi lemahnya demand terhadap minyak mentah di pasar AS. Terkait pergerakan harga minyak, range normal diprediksi akan berada di kisaran $97.70-$102,70 pada WTI dan $105,75-$109 pada Brent.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah