Harga Kopi Arabika Kembali Melambung, Eksportir Brasil Rilis Estimasi Kerusakan

Harga kopi Arabika di Bursa ICE Futures US pada perdagangan Rabu 30 Juli 2014 terpantau ditutup menguat signifikan. Penguatan harga kopi Arabika di Bursa ICE US dipicu oleh masih cukup kuatnya sentimen positif dari turunnya hujan di Brasil yang mengganggu proses panen di beberapa perkebunan kopi di Brasil.
Sentimen positif yang masih cukup kuat dari turunnya hujan di perkebunan kopi Brasil, terpantau memicu harga kopi Arabika untuk kembali menguat setelah sempat melemah pada Selasa lalu. Curah hujan di Brasil tersebut, mendorong harga kopi untuk menguat akibat terjadinya perlambatan masa panen di Brasil.
Selain faktor masih adanya dorongan sentimen negatif dari curah hujan di Brasil, harga kopi Arabika juga terangkat oleh aksi beli oleh para investor. Aksi beli oleh para investor dipicu oleh anjloknya harga kopi Arabika akibat aksi profit taking pada perdagangan Selasa. Harga kopi Arabika yang sempat menguat jelang akhir perdagangan Selasa lalu pasca pengambilan profit, terpantau masih berlanjut pada perdagangan Rabu.
Terkait kabar terbaru seputar total panen Brasil, salah satu eksportir kopi Brasil telah merilis estimasi total kerusakan output Brasil pada Rabu lalu. Terra Forte, Eksportir asal Brasil, mengestimasi dampak kekeringan Brasil akan berdampak pada pengurangan antara 20-30% pada periode 2014/2015 sehingga total panen aka berada di 45,8 juta kantong 60 kg.
Dampak dari rilis estimasi tersebut, maka pada perdagangan hari ini, diprediksi harga kopi Arabika akan cenderung kembali bergerak menguat. Adapun range pergerakan harga diperkirakan akan berada di kisaran $178-$186 pada Arabika dan $2010-$2055 pada Robusta.
Pada perdagangan Rabu 30 Juli 2014 di Bursa ICE US, harga kopi Arabika terpantau ditutup menguat signifikan. Harga kopi Arabika berjangka ICE US untuk kontrak September 2014 naik 1% ke tingkat harga $182,5/ton atau menguat $1,8/ton.
Sementara pada perdagangan kopi di Bursa LIFFE, harga kopi Robusta terpantau juga ditutup menguat Rabu lalu. Harga kopi Robusta berjangka LIFFE untuk kontrak September 2014 naik 0,15% ke tingkat harga $2037/ton atau menguat $0,15/ton.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah