Manisnya Gula Sedikit Berkurang di Bursa ICE US

Harga gula pada perdagangan Senin 23 Juni 2014 di Bursa ICE US terpantau ditutup melemah mengakhiri trend bullish dalam 3 hari perdagangan terakhir. Pelemahan harga gula di Bursa ICE US diduga merupakan imbas penurunan sentimen dari potensi El Nino terhadap tebu Brasil serta dorongan aksi profit taking.
Pergerakan menguat harga gula di Bursa ICE akibat perkembangan terkait ketersediaan tebu untuk pengolahan gula India dan Brasil terpantau mulai melemah. Harga gula yang sebelumnya naik signifikan akibat potensi cuaca panas yang diprediksi akan mengganggu penanaman tebu di India maupun Brasil kini mulai mengalami pelemahan sentimen. Pelemahan sentimen yang diduga menjadi faktor terkuat untuk memicu pelemahan harga gula yakni dari adanya kekhawatiran yang masih belum kokoh terhadap ekspektasi pengurangan tanaman tebu akibat siklus El Nino di Brasil.
Walaupun melemah, fundamental positif baik dari prediksi cuaca India serta kebijakan peningkatan pembuatan ethanol di Brasil berpotensi untuk kembali menguatkan harga gula. Hal tersebut dilandasi oleh potensi kuat dari kedua faktor fundamental untuk memicu keterbatasan persediaan global dengan posisi kedua negara sebagai penghasil gula nomor 1 dan 2 dunia.
Pada perdagangan Senin 23 Juni 2014 di Bursa ICE US, harga gula terpantau ditutup melemah. Harga gula berjangka ICE US untuk pengiriman Oktober 2014 turun 0,21% ke tingkat harga $18,71/ton atau melemah $0,04/ton.
Terkait prediksi pergerakan harga gula di Bursa ICE pada perdagangan hari ini, gula diperkirakan akan kembali bergerak menguat pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh fundamental global dari sisi ekspektasi supply yang berpotensi menguatkan harga gula. Sedangkan untuk range pergerakan normal harga gula pada perdagangan hari ini di Bursa ICE US, gula diprediksi akan bergerak di kisaran harga $18,40-$19.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah