Investor Tunggu Data, Harga Minyak WTI Kembali Melemah

Harga minyak WTI di Bursa Nymex terpantau kembali melemah pada perdagangan Selasa 24 Juni 2014 yang ditutup dini hari tadi. Pelemahan harga minyak WTI dipicu oleh aksi tunggu investor terhadap data persediaan minyak AS yang akan segera rilis.
Dampak dari belum terganggunnya aliran supply minyak Irak secara signifikan masih cukup kuat untuk mempengaruhi pelemahan harga minyak WTI di Bursa Nymex. Kekhawatiran akan potensi over estimate pengaruh konflik Irak terhadap gangguan aliran supply yang menyebabkan harga minyak telah melonjak tajam dalam dua pekan terakhir memicu harga WTI berada dalam trend melemah namun masih cukup tinggi di kisaran $105/barrel.
Selain faktor keraguan akan pengurangan supply minyak Irak, harga minyak juga turut diperlemah oleh aksi tunggu oleh investor terhadap data persediaan minyak AS oleh EIA yang akan segera rilis. Sedikit dorongan kekhawatiran investor terhadap melencengnya prediksi tingkat persediaan minyak seperti pekan lalu yang justru meningkat, memicu investor untuk lebih berhati-hati menjelang rilis data.
Walaupun harga minyak mengalami tekanan dari sisi supply, pergerakan minyak juga mendapat dorongan sentimen positif dari data AS yang sedang berada dalam kondisi baik. Data new home sales AS yang naik pada bulan Juni dapat menjadikan indikasi akan penguatan perekonomian AS. Namun, data GDP yang akan rilis hari ini dan diduga akan berada dalam kondisi negatif diprediksi akan menahan sentimen positif dari data new home sales sehingga investor akan cenderung lebih memantau aliran supply minyak.
Pada perdagangan Selasa 24 Juni 2014 harga minyak WTI terpantau ditutup melemah di Bursa Nymex. Harga minyak WTI berjangka untuk kontrak Agustus 2014 turun 0,13% ke tingkat harga $106,03/barrel atau melemah $0,14/barrel.
Sedangkan untuk pergerakan harga minyak jenis brent, pada dini hari tadi minyak jenis tersebut justru ditutup menguat. Harga minyak jenis Brent berjangka Nymex naik 0,41% ke tingkat harga $112,60/barrel atau menguat $0,46/barrel.
Harga minyak akan cenderung menguat pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh perkembangan konflik irak yang semmakin memanas setelah adanya serangan bantuan oleh Suriah ke kawasan barat Irak. Namun, rilis data persediaan minyak AS oleh EIA diprediksi masih akan menjadi sentimen terkuat pada perdagangan minyak mentah di Nymex pada perdagangan hari ini. Terkait pergerakan harga minyak di Bursa Nymex, harga minyak diprediksi akan bergerak di kisaran $105-$107 untuk WTI dan $111,5-$113,5 untuk Brent.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah