Harga Kedelai Naik Signifikan di CBOT, Ekspor AS Jauh Melebihi Ekspektasi

Harga kedelai pada perdagangan Kamis 26 Juni 2014 di Bursa CBOT terpantau ditutup menguat signifikan. Penguatan harga kedelai di Bursa CBOT dipicu oleh rilis data ekspor USDA yang dilaporkan ke publik pada Kamis lalu.
Rilis data ekspor kedelai AS pada Kamis lalu oleh USDA terpantau menjadi sentimen yang kuat untuk mempengaruhi penguatan harga kedelai di CBOT. Tingkat ekspor kedelai AS yang naik hingga ke level 774.800 ton jauh melebihi ekspektasi tingkat ekspor sebelumnya. Sebelumnya, tingkat ekspor AS diprediksi hanya akan berada di level 250.000-550.000 ton. Adapaun dari total 774.800 ton tersebut, total 317.200 ton merupakan pengiriman kedelai persediaan lama.
Selain faktor peningkatan data ekspor kedelai AS, harga kedelai di Bursa CBOT juga terdorong menguat oleh ekspektasi kerusakan tanaman kedelai AS. Hujan deras yang melanda beberapa wilayah perkebunan kedelai AS pada akhir pekan kemarin, memicu kekhawatiran akan kerusakan tanaman kedelai imbas banjir yang sempat melanda pasca turunnya hujan.
Pada perdagangan Kamis 26 Juni 2014 di Bursa CBOT, harga kedelai ditutup menguat signifikan. Harga kedelai berjangka CBOT untuk kontrak Juli 2014 naik hingga 1,51% ke tingkat harga $14,37/bushel atau menguat $0,214/bushel.
Harga kedelai berpotensi untuk kembali menguat pada perdagangan hari ini di Bursa CBOT. Hal tersebut dilandasi oleh sentimen positif yang diperkirakan masih kuat dari data ekspor kedelai AS yang hampir berada dua kali lipat diatas ekspektasi. Terkait pergerakan harga kedelai pada perdagangan hari ini di Bursa CBOT, range normal diperkirakan akan berada di kisaran $14,00-$14,60/ bushel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah