Harga Kedelai CBOT Terdongkrak Data Ekspor Pekan Lalu

Harga kedelai di Bursa CBOT pada perdagangan pekan lalu terpantau ditutup menguat signifikan secara agregat sepekan. Penguatan harga kedelai pada pekan lalu dipicu oleh pengurangan kualitas tanaman kedelai pasca cuaca buruk AS serta dorongan data ekspor kedelai.
Pergerakan harga kedelai pada pekan lalu, terpantau dapat menguat akibat dua faktor fundamental yang signifikan mempengaruhi harga kedelai di bursa CBOT. Faktor cuaca AS yang terus dilanda hujan pada dua pekan lalu, menjadi fondasi dasar penguatan harga kedelai pekan lalu. Terlihat dari data USDA, walaupun masih berada dalam kondisi lebih baik dari ekspektasi, kedelai berkualitas baik di AS turun ke level 72% dari 73% pada minggu sebelumnya. Imbas dari data tersebut, harga kedelai mengalami dorongan penguatan karena ekspektasi kerusakan pasca hujan yang melanda AS.
Setelah terangkat oleh data pengurangan kualitas kedelai oleh USDA, harga kedelai kembali terdorong oleh fundamental positif kuat dari data ekspor kedelai AS. Terpantau pada pekan lalu, data ekspor AS dirilis dengan pencapaian hingga level 774.800 ton, jauh melebihi ekspektasi di kisaran 250.000-500.000 ton. Selain itu, berdasarkan data ekspor, diketahui 317.200 ton dari keseluruhan ekspor tercatat merupakan kedelai persediaan lama.
Pada perdagangan pekan lalu di Bursa CBOT, harga kedelai ditutup menguat cukup signifikan secara agregat sepekan. Harga kedelai berjangka CBOT untuk kontrak Agustus 2014 naik 1,22% ke tingkat harga $13,78/bushel atau menguat $0,166/bushel.
Harga kedelai akan cenderung menguat meskipun pergerakan akan sangat dipengaruhi oleh rilis data kondisi oleh USDA pada pekan ini. Hal tersebut dilandasi oleh potensi kekhawatiran sejak akhir pekan lalu akan kondisi tanaman kedelai yang berpotensi untuk rusak akibat hujan. Selain itu, diperkirakan sentimen positif dari data ekspor juga masih akan memberikan pengaruh pada awal perdagangan pekan ini. Terkait pergerakan harga kedelai pada pekan ini, range normal kedelai diprediksi akan berada di kisaran $13,30-$14,16/bushel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah