Harga Gula di Bursa ICE US Pahit Sepanjang Pekan Lalu

Harga gula di Bursa ICE Futures US pada pekan lalu terpantau ditutup melemah secara agregat sepekan. Pelemahan harga gula di Bursa ICE US dipicu oleh rilis data produksi tebu Brasil yang diperburuk dengan aksi profit taking pada perdagangan hari Jumat.
Pergerakan harga gula yang dapat menguat pada pekan sebelumnya, akhirnya anjlok pada pekan lalu. Penguatan gula yang sebelumnya didukung faktor fundamental dari ekspektasi peningkatan penggunaan ethanol oleh pemerintah Brasil serta cuaca kering di India, terkikis oleh rilisnya data produksi tebu Brasil yang mengalami peningkatan.
Berdasarkan data Unica pada pekan lalu, terpantau output tebu Brasil berada dalam level yang melebihi ekspektasi sehingga harga gula terdorong untuk melemah akibat potensi lonjakan output gula Brasil. Berdasarkan data tersebut output tebu Brasil berada di level 2,33 juta ton atau lebih besar 0,13 ton dibandingkan ekspektasi di level 2,2 juta ton.
Selain pengaruh dari rilis data oleh Unica tersebut, harga gula juga terdorong melemah oleh aksi profit taking jelang akhir bulan. Terpantau pada hari terakhir perdagangan di Bursa ICE US, harga gula melemah hingga 4,1% untuk kontrak Juli 2014.
Pada perdagangan pekan lalu di Bursa ICE US harga gula ditutup melemah signifikan secara agregat sepekan. Harga gula ICE US untuk kontrak Juli 2014 turun hingga 5,97% ke tingkat harga $16,85/ton atau melemah $1,07/ton.
Harga gula berpotensi untuk menguat pada perdagangan pekan ini. Hal tersebut dilandasi oleh potensi aksi beli oleh para investor serta dorongan sentimen positif dari kekeringan India dan Brasil serta rencana pemerintah Brasil untuk peningkatan produksi bahan bakar campuran bensin dan ethanol. Terkait pergerakan harga gula pada pekan ini, range normal gula diprediksi akan berada di kisaran $16-$18,5/ton.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah