Harga Emas Tergerus Melemah, Daya Tarik Aset Safe Haven Berkurang


 Pada akhir perdagangan dini hari tadi harga emas terpantau mengalami penurunan lanjutan (22/4). Harga logam mulia melempem untuk empat sesi berturut-turut setelah sebelumnya sempat mengalami peningkatan hingga mencapai posisi paling tinggi dalam tiga minggu pada minggu lalu. Harga emas tergerus melemah akibat sinyal membaiknya ekonomi AS sehingga mengurangi daya tarik emas sebagai investasi safe haven.

Pesanan barang modal seperti computer dan mesin diperkirakan mengalami kenaikan di bulan Maret, terbesar dalam empat bulan di Amerika Serikat. Pasar menantikan data tersebut yang dijadwalkan rilis pada tanggal 24 April mendatang. Harga emas telah mengalami penurunan sebesar 7.5 persen sejak mencapai posisi paling tinggi dalam enam bulan di tanggal 17 Maret lalu, di tengah spekulasi bahwa Fed akan melanjutkan tapering stimulusnya.

Harga emas spot LLG dini hari tadi terpantau melemah ke level 1289.90 dollar per troy ons. Harga emas tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan dengan posisi penutupan sebelumnya yang ada di level 1295.30 dollar. Harga emas tersebut mengalami penurunan sebesar 5.40 dollar per troy ons.

Sementara itu harga emas berjangka Comex tampak mengalami penurunan sebesar 0.4 persen dan ditutup pada posisi 1288.50 dollar per troy ons dini hari tadi, setelah sempat menyentuh level terendah harian di posisi 1281.80 dollar yang sekaligus merupakan harga paling rendah sejak tanggal 2 April lalu.

Pergerakan harga komoditas pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami pelemahan lanjutan meskipun akan terbatas. Harga emas baik berjangka maupun LLG diperkirakan bakal mengalami pergerakan pada kisaran 1280.00 – 1295.00 dollar per troy ons.

Komentar

Lawra Zukhinie mengatakan…
Mau tnya donk,,, untuk mnyikapi kondisi penurunan harga emas n berkurangnya minat masyarakat untuk bisnis di safe haven saat ini gmana?

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah