Harga Emas Menguat Lagi Didorong Potensi Kenaikan Pembelian Fisik


Pada perdagangan tadi malam harga emas mengalami peningkatan untuk dua dari tiga sesi belakangan (25/12). Harga emas menguat akibat berkembangnya spekulasi bahwa penurunan harga tajam yang telah terjadi bulan ini akan mendorong aksi beli teknikal di kalangan para pelaku pasar. Sementara itu kekerasan yang meningkat di Sudan Selatan juga turut mendorong kenaikan harga komoditas tersebut.

Harga emas sempat anjlok ke level terendah sejak bulan Agustus 2010 di tanggal 19 Desember lalu, yaitu pada posisi 1193.60 dollar per troy ons. Anjloknya harga emas tersebut terjadi setelah Fed mengatakan bahwa program stimulus akan dikurangi.

Sepanjang bulan Desember harga emas telah mengalami penurunan sebesar 3.8 persen. Harga emas mengarah untuk mengalami penurunan tahunan pertama dalam 13 tahun belakangan.

Harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Februari mengalami kenaikan 0.5 persen dan ditutup pada posisi 1203.30 dollar per troy ons. Sepanjang tahun ini harga telah mengalami penurunan sebesar 28 persen.

Harga emas spot LLG mengalami penutupan pada posisi 1204.45 dollar dini hari tadi. Harga ini mengalami peningkatan sebesar 5.85 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas berpotensi untuk mengalami peningkatan lanjuta. Harga emas tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1190 – 1220 dollar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah