Harga Emas LLG dan Berjangka Comex Ditutup Naik Tipis oleh Harapan Dipertahankannya Stimulus Fed

Pada penutupan perdagangan dini hari tadi harga emas mengalami kenaikan tipis (29/10). Harga emas ditutup nyaris stagnan meskipun sempat menguat hingga mencapai level tertinggi dalam 5.5 minggu setelah rilis data produksi pabrik di Amerika Serikat naik kurang dari prediksi. Hal ini mengakibatkan para pelaku pasar dilanda keyakinan bahwa Fed masih akan mempertahankan stimulus moneternya.
Produksi pabrik di negara Paman Sam bulan September lalu menguat 0.1 persen dibandingkan bulan Agustus sebelumnya. Kenaikan ini masih di bawah level estimasi yang mengharapkan terjadi kenaikan sebesar 0.3 persen. Para pelaku pasar tidak banyak bergerak karena masih menantikan hasil resmi dari pertemuan The Fed yang akan berakhir Kamis besok.

Harga emas tahun 2013 ini telah mengalami penurunan sebesar 19 persen di tengah kekhawatiran bahwa Fed akan mengurangi besaran pembelian obligasi pemerintah bulanannya. Kondisi ekonomi yang menguat membuat berkembangnya spekulasi pengurangan stimulus tersebut.

Harga emas spot LLG naik 0.3 persen dan ditutup pada posisi 1354.50 dollar per troy ons. Minggu lalu harga emas spot membukukan kenaikan 2.6 persen yang merupakan peningkatan mingguan untuk dua minggu berturut-turut.

Sementara itu harga emas berjangka untuk kontrak Desember di Comex mengalami penutupan yang nyaris stagnan di level 1352.20 dollar per troy ons.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG masih berpotensi untuk mengalami kenaikan meski hari ini akan terbatas. Untuk sementara ini harga emas diperkirakan akan bergerak di kisaran 1345 – 1360 dollar per troy ons.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah