Pasokan Kopi Robusta Asal Indonesia Turun Akibat Curah Hujan Tinggi


Pasokan Kopi Robusta Asal Indonesia Turun Akibat Curah Hujan Tinggi

(Vibiznews – Commodity) – Pasokan kopi robusta global diperkirakan akan mengalami penurunan hingga ke level terendah dalam 13 tahun belakangan (27/08). Pasokan komoditas ini terancam turun tajam setelah curah hujan yang cukup tinggi di kawasan penanaman kopi robusta terbesar di Indonesia mengakibatkan produksi mengalami penurunan. Penurunan pasokan dari Indonesia ini juga belum dapat dikompensasi oleh produksi dari Vietnam yang baru tiga bulan lagi bisa diekspor.

Curah hujan sentra produksi kopi robusta di Indonesia mencapai dua kali lipat curah hujan rata-rata atau normal selama 30 tahun belakangan sejak bulan April lalu. Tingginya curah hujan ini mengakibatkan tertundanya panen dan kesulitan untuk mengeringkan biji kopi yang sudah dipanen.

Curah hujan di Indonesia diperkirakan akan mulai berkurang dalam dua bulan ke depan. Ini akan memungkinkan para petani untuk mengejar panen dan pengeringan biji kopi yang telah mengalami penurunan ke level 129,844 ton pada periode lima bulan hingga Agustus awal lalu dari 155,152 ton pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Harga kopi robusta diperkirakan akan mengalami kenaikan yang lebih cepat dibandingkan dengan kenaikan harga kopi arabika. Penjualan kopi instan yang diproduksi menggunakan kopi robusta akan mengalami kenaikan sebesar 3.7 persen tahun 2013 ini. Kenaikan ini relative lebih besar dibandingkan dengan permintaan kopi arabika. Sementara itu pasokan kopi arabika sendiri juga cukup besar dibandingkan dengan kopi robusta.

Harga kopi robusta sepanjang tahun 2013 ini telah mengalami penurunan sebesar 7.9 persen, sementara harga kopi arabika membukukan penurunan sebesar 18 persen. Diperkirakan harga kopi robusta akan mulai bergerak rrebound hingga akhir tahun mendatang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah