Harga Karet Tocom Melemah Imbas Apresiasi Yen


Harga Karet Tocom Melemah Imbas Apresiasi Yen

Pada sesi perdagangan di bursa komoditas Jepang hari ini harga karet berjangka mengalami penurunan yang cukup signifikan (27/08). Harga karet berjangka melemah setelah sempat mencapai posisi paling tinggi dalam tiga bulan belakangan setelah nilai tukar yen Jepang mengalami apresiasi.

Harga karet berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Januari mengalami penurunan sebesar 0.7 persen pada sesi hari ini. Harga karet berjangka melemah ke level 275 yen per kilogram atau setara dengan 2800 dollar per metric ton. Harga karet berjangka telah mengalami peningkatan sebesar 15 persen sepanjang tahun ini, terbesar sejak bulan Desember lalu.

Pada sesi perdagangan hari ini yen menguat ke posisi 98.05 per dollar, bergerak naik setelah sempat mencapai posisi paling rendah dalam tiga minggu pada tanggal 23 Agustus yang lalu. Menguatnya nilai tukar yen tersebut membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam yen menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri sehingga permintaan mengalami penurunan.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa harga komoditas karet berjangka di perdagangan bursa TOcom akan cenderung mengalami pergerakan melemah terbatas pada sesi perdagangan hari ini. Untuk sementara harga komoditas ini diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 270 – 280 yen per kilogram.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah