Harga Karet Dunia Menguat Didukung Perbaikan Ekonomi AS dan Jepang


Harga Karet Dunia Menguat Didukung Perbaikan Ekonomi AS dan Jepang

(Vibiznews-Commodity) - Harga karet memasuki penguatan terbaik sejak Desember tahun lalu setelah adanya data ekonomi yang membaik dari Amerika dimana terlihat peningkatan permintaan akan karet dari produsen ban.

Harga karet untuk pengiriman bulan Feb, di bursa berjangka TOCOM naik 0,8% ke harga 274.1 yen per kg atau $2,790 per metric ton naik dari harga 272.5 yen per kg. Untuk minggu ini, harga karet di bursa berjangka Jepang sudah naik 1.2% dan untuk di sepanjang bulan Agustus sudah naik 13%.

Indeks Harga Konsumen Jepang bergerak paling cepat sejak Juli tahun 2008 di dorong tanggapan positif pasar atas usaha Perdana Menteri Shinzo Abe untuk melepaskan perekonomian Jepang dari deflasi mulai menunjukkan hasil nyata. Pertumbuhan ekonomi AS yang memberi penguatan dollar atas yen Jepang juga meningkatkan jumlah kontrak-kontrak penjualan berbasis Yen.

Perekonomian Amerika bertumbuh sebesar 2,5% di kuartal kedua,naik dari perkiraan semula yaitu 1,7% dan bahkan melebih perkiraan para ahli ekonomi yang mematok 2,2%.

Data produksi Jepang menunjukkan peningkatan sebesar 3,2% dibandingkan bulan Juli, demikian data yang ditunjukkan oleh Kementrian Perdagangan hari ini.

Harga karet di pasar berjangka China ( Shanghai Futures Exchange ) untuk pengiriman bulan Januari sedikit naik, yaitu seharga 20,140 yuan atau $ 3,291 per ton.

Sementara harga karet di pasar Thailand untuk pengiriman fob turun 0,4% ke harga 84.65 baht atau $ 2,63 per kg kemarin, demikian pernyataan Rubber Research Institute of Thailand.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah