Harga Jagung dan Kedelai Ditutup Rally Tajam Akibat Cuaca Kering dan Panas


Harga Jagung dan Kedelai Ditutup Rally Tajam Akibat Cuaca Kering dan Panas

(Vibiznews – Commodity) – Pada penutupan perdagangan di bursa komoditas CBOT dini hari tadi harga jagung dan kedelai berjangka mengalami peningkatan signifikan (27/08). Harga jagung melonjak terbesar dalam 14 bulan belakangan sementara harga kedelai mengalami rally terbesar sejak tahun 2011. Kenaikan kedua komoditas ini terjadi akibat kondisi cuaca panas dan kering yang mengancam tanaman di kawasan-kawasan penanaman kedelai dan jagung di Amerika Serikat. Harga gandum ikut menguat terkena spillover.

Suhu udara di kawasan penanaman jagung dan kedelai di daerah Midwest Amerika Serikat mencapai 14 derajat Fahrenheit di atas normal untuk 10 hari ke depan. Curah hujan yang akan turun juga diperkirakan amat sedikit.

Produksi jagung diperkirakan akan 2.2 persen lebih rendah dibandingkan dengan proyeksi pemerintah tanggal 12 Agustus lalu. Sementara itu panen kedelai diperkirakan akan 3 persen lebih rendah.

Harga jagung berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Desember mengalami peningkatan sebesar 6.5 persen dan ditutup pada posisi 5.005 dollar per bushel dini hari tadi. Peningkatan harian ini adalah yang paling besar untuk kontrak paling aktif sejak tanggal 25 Juni 2012 lalu. Harga jagung ini sempat menyentuh level 5.0825 dollar yang merupakan harga paling tinggi sejak tanggal 16 Juli lalu.

Sementara itu harga kedelai berjangka untuk kontrak pengiriman bulan November tampak mengalami kenaikan sebesar 4.6 persen dan ditutup pada posisi 13.895 dollar per bushel. Harga ini mengalami kenaikan terbesar sejak 11 Oktober 2011 lalu. Harga kedelai sempat mengalami kenaikan tajam hingga mencapai limit kenaikan sebesar 70 sen di harga 13.98 dollar per bushel pada sesi perdagangan tadi malam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah