Jepang Mencatat Inflasi Selama Bulan Juni; Yen Tergelincir

MarketWatch (26/7) - LOS ANGELES - Consumer prices Jepang berhasil mencatatkan inflasi ringan pada bulan Juni dibandingkan dengan setahun sebelumnya, menurut data yang dikeluarkan oleh Departemen Keuangan pada hari Jumat.

Indeks harga konsumen pokok, tidak termasuk volatil biaya makanan segar, naik 0,4% dari bulan Juni 2012, meskipun itu tidak berubah dibandingkan dengan bulan May. Sementara itu, untuk bulan Juli pokok CPI untuk metropolitan Tokyo – yang dipandang sebagai indikator utama bagi Jepang secara keseluruhan - juga mencetak kenaikan harga, naik 0,3% secara tahunan, walaupun ini juga tidak berubah dari bulan sebelumnya.

Dibandingkan dengan proyeksi hasil keuntungan tahunan 0,3% untuk kedua harga nasional pada bulan Juni dan harga Tokyo pada bulan Juli, menurut survei Dow Jones Newswires terhadap para ekonom. Mereka juga menandai peningkatan dari bulan sebelumnya, saat nasional core CPI untuk bulan Mei datar pada basis tahunan, sementara angka untuk bulan Juni Tokyo menunjukkan kenaikan 0,2%.

Secara keseluruhan CPI Jepang, termasuk semua barang naik 0,2% dari tahun sebelumnya, tapi itu datar mulai bulan Mei. Segmen 'biaya bahan bakar, listrik dan air' memimpin kenaikan, dengan kenaikan tahunan 5,7% secara nasional, kata Departemen Keuangan.

Jepang telah berjuang untuk melepaskan diri dari on-dan-off deflasi yang telah berlangsung selama bertahun-tahun ekonomi, dengan bank sentral saat ini menargetkan 2% keuntungan pokok CPI pada tahun 2015. Yen Jepang bergerak lebih rendah setelah data, terhadap dolar naik menjadi 99,29 yen dari 99,11 yen beberapa saat sebelum nomor diterbitkan. (frk)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah