Saham Jepang naik merespon data AS, Yen melemah

Bloomberg, (28/6) - Saham Jepang naik, dengan indeks Topix menandai rally tiga kuartal terbesarnya sejak 1972, setelah produksi industri mengalahkan estimasi dan harga konsumen menghentikan penurunan enam bulan terakhir. Saham juga setelah data ekonomi AS yang kuat memberikan dukungan kepada investor dan yen melemah.

Nissan Motor Co naik 3,5 persen setelah data menunjukkan bahwa produksi dari produsen mobil Jepang di AS naik 36 persen tahun lalu. ReproCell Inc, sebuah perusahaan riset stem-cell, ditutup lima kali lebih tinggi dari harga penawaran umum perdana setelah tidak diperdagangkan selama dua hari. Sharp Corp melonjak 8,1 persen setelah produsen TV tersebut dan China Electronics Corp sepakat untuk membentuk perusahaan patungan.

Indeks Topix naik 3,2 persen menjadi 1,133.84 pada penutupan di Tokyo. Ke-33 kelompok industri mengalami kenaikan. Indeks itu turun 0,2 persen bulan ini dan naik 9,6 persen untuk kuartal kedua. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 3,5 persen menjadi 13,677.32, dengan hanya empat perusahaan jatuh.

'Saham-saham Jepang meningkat seiring dengan saham global karena meredahnya  kekhawatiran tentang kebijakan moneter AS dan China,' kata Soichiro Monji, kepala strategi dari Daiwa SB Investments Ltd yang berbasis di Tokyo. 'Di atas semua itu, produksi industri yang baik, dan saya pikir orang-orang masih ragu-ragu untuk membeli karena volatilitas pasar.' (frk)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah