Emas positif, namun penurunan mingguan adalah yang terbesar sejak September 2011

New York, 21/06 (Reuters) – Emas naik 1,3 persen pada Jumat, rebound dari hampir terendahnya dalam 3 tahun terakhir, namun dalam seminggu itu harga masih turun selama hampir 2 tahun setelah indikasi eksplisit yang kuat Federal Reserve AS yang akan mengakhiri stimulus memicu kekacauan di pasar global.

Meskipun Jumat menguat, spot gold masih melemah 7 persen selama seminggu, penurunan mingguan terbesar sejak jatuh dari rekor tertingginya pada bulan September 2011. Bargain hunting oleh para investor dan pembeli fisik membantu mengontribusi peningkatan margin 25 persen di emas berjangka AS. Pasar ekuitas dan Treasuries AS yang lebih stabil, juga membuat investor emas untuk mengambil napas pasca penurunan 5,5 persen Kamis.

'Kami telah mengalami dorongan penjualan emas akibat margin call di pasar modal. Kondisi tersebut telah diperburuk aksi jual kemarin dan memungkinkan pasar emas untuk berkonsolidasi positif hari ini, 'kata Bill O'Neill, mitra investasi komoditas perusahaan LOGIC Advisors.

Open interest di Comex berjangka AS menunjukkan lonjakan mengejutkan 3 persen setelah turun tajam sesi Kamis, pertanda bahwa mungkin short-covering dapat membantu mendongkrak harga emas dalam waktu dekat, kata O'Neill.

Emas berjangka Comex AS untuk pengiriman Agustus ditutup naik $5,80 pada posisi $1.292 per ounce, dengan volume perdagangan sebesar 177.000 lot versus rata-rata harian 30-hari di 208.000, data awal Reuters menunjukkan.

CME Group Inc menaikkan initial margin (margin awal) untuk kontrak emas berjangka Comex setelah harga jatuh ke terendah dalam 3 tahun pada hari Kamis, ketika emas berjangka AS berakhir 6,4 persen melemah di sesi perdagangan padat.

Kepemilikan untuk exchange-traded funds (ETF) yang berbasis emas fisik terbesar di dunia - cara populer untuk berinvestasi di emas sejak krisis keuangan - telah turun lebih dari 485 ton tahun ini, data Reuters menunjukkan. (rf)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah