Emas menuju kinerja kuartalan terburuk sejak 1968

Bloomberg, (26/6) - Emas jatuh untuk hari ketiga, menuju kerugian kuartalan terbesar dalam lebih dari 40 tahun terakhir karena data ekonomi AS yang mengalahkan perkiraan, mendukung kasus untuk mengurangi stimulus dari Federal Reserve AS dan sejalan dengan penguatan dolar.

Spot bullion menurun sebanyak 0,3 persen menjadi $ 1,273.76 per ounce, dan diperdagangkan di level $ 1,275.46 pada pukul 8:43 am di Singapura. Logam tersebut jatuh ke $ 1,269.46 pada tanggal 21 Juni lalu, yang termurah sejak September 2010. Harga telah kehilangan 20,2 persen sejak awal April, penurunan terbesar dalam data kuartalan yang dikumpulkan oleh Bloomberg sejak 1968 ketika emas diperdagangkan di sekitar $ 40.

Pesanan barang tahan lama AS naik lebih dari perkiraan pada bulan Mei, sementara tingkat kepercayaan konsumen untuk bulan Juni melebihi proyeksi berdasarkan data yang dikeluarkan tadi malam. Ketua the Fed, Ben S. Bernanke mengatakan bulan ini bahwa bank sentral, yang membeli obligasi Treasury senilai $ 85 milyar secara bulan, dapat memangkas pembeliannya tahun ini dan mengakhiri program stimulus tersebut pada tahun 2014 jika ekonomi domestik terus membaik. Tahun ini, investor telah menjual emas dari produk ETF yang diperdagangkan di bursa dengan laju yang mencapai rekor.

'Emas telah turun karena data ekonomi lebih baik dari perkiraan sehingga menambah spekulasi bahwa Federal Reserve akan mengakhiri program stimulusnya dengan segera,' ungkap Lachlan Shaw, analis dari Commonwealth Bank of Australia.

Emas telah jatuh 24 persen pada tahun 2013, jatuh ke dalam pasar bearish pada bulan April seiring dengan Bloomberg US Dollar Index naik 5,1 persen. Index, yang mewakili sepuluh mata uang utama yang ditimbang berdasarkan likuiditas dan arus perdagangan, naik sebanyak 0,2 persen.

Emas untuk pengiriman Agustus diperdagangkan pada $ 1,274.60 per ounce di Comex, dari $ 1,275.10 kemarin. Goldman Sachs Group Inc memperkirakan logam untuk mengakhiri tahun ini di level $ 1.300, menurunkan perkiraan sebelumnya di $ 1435, menurut laporan tanggal 23 Juni.

Aset di SPDR Gold Trust, ETP bullion terbesar, turun menjadi 969,5 metrik ton kemarin, dan 28 persen lebih rendah tahun ini. Jumlah kepemilikan ETP sedang menuju kontraksi bulanan keenamnya. (brc)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah