Dolar menuju kenaikan minggu kedua terhadap Euro dan Yen

Bloomberg, (28/6) – Dolar menuju kenaikan minggu kedua berturut-turut terhadap euro dan yen sebelum dikeluarkannya data yang menunjukkan sentiment dari para  konsumen di AS yang lebih kuat dan kegiatan usaha terekspansi selama bulan ini.

Penurunan euro memangkas keuntungan kuartalan terhadap pasangan utama menjelang pertemuan pertemuan Bank Sentral Eropa pada tanggal 4 Juli. Yen memperpanjang penurunan, karena pasar saham naik sehingga mengurangi permintaan safe haven. Dolar Australia dan Selandia Baru naik terbesar sejak 21 Juni di antara 10 mata uang yang dilacak oleh Indeks Korelasi Tertimbang Bloomberg pada spekulasi bahwa penurunan yang terjadi baru-baru ini telah terlalu cepat.

'Dolar masih dalam tren penguatan,' kata Yasuhiro Kaizaki, wakil presiden pasar global pada Sumitomo Mitsui Trust Bank Ltd di New York. 'Jika data AS terus kuat, dolar akan terus dibeli.'

Dolar naik 0,2 persen menjadi 98,52 yen pada pukul 08:39 pagi di Tokyo dan telah naik 0,6 persen selama minggu ini. Mata uang itu berada di 1,3034 terhadap euro dari posisi 1,3038 kemarin dan 1,3122 pada 21 Juni lalu. Yen melemah 0,2 persen menjadi 128,42 per euro hari ini.

Laporan ekonomi dari Amerika hari ini diperkirakan akan menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen AS yang lebih baik dari perkiraan untuk bulan Juni. Indeks sentimen konsumen dari The Thomson Reuters / University of Michigan berada di level 83 pada bulan Juni, dibandingkan dengan pembacaan sebelumnya untuk bulan di 82,7, menurut perkiraan rata-rata ekonom dalam survei Bloomberg News. Indeks itu masih lebih rendah dari enam tahun tertingginya di 84,5 yang dicapai pada bulan Mei lalu.

Barometer bisnis The MNI Chicago diperkirakan jatuh ke 55 pada Juni dari 58,7 pada bulan sebelumnya, menurut sebuah jajak pendapat terpisah, angka di atas level 50 memberikan indikasi ekspansi. (frk)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah