PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Cuti Bersama, Kemenhub Prediksi Puncak Arus Mudik 9 Juni

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA  Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 9 Juni 2018 atau tepatnya H-6 sebelum hari raya Idul Fitri.
Prediksi itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan.
Kepala Balitbang Kementerian Perhubungan, Sugihardjo, memaparkan bahwa kebanyakan pemudik berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
"Arus mudik terjadi H-6 Lebaran, yakni Sabtu 9 Juni 2018 dan hari pertama Lebaran," kata Sugihardjo saat menghadiri diskusi di Jakarta, Senin 4 Juni 2018.
Sugihardjo menjelaskan, 60 persen pemudik dari Jakarta dan sekitarnya berangkat dengan tujuan favorit ke Jawa Tengah. Kemudian, tujuan favorit berikutnya diikuti Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta.
"(Pemudik) Jawa Timur itu banyak pergerakan tinggi di dalam Jawa Timur sendiri," kata dia.
Perubahan puncak arus mudik ini, menurut Sugihardjo, banyak disebabkan kebijakan pemerintah menambah cuti bersama.
Dalam prediksi awal, sedianya puncak atau kepadatan kendaraan bakal terkonsentrasi di H-3 atau H-2. Penambahan cuti juga diharapkan mengurai kemacetan, agar masyarakat bisa punya waktu lebih dulu berangkat ke kampung halamannya.
"Tadinya prediksinya puncak (mudik) tanggal 13 Juni, tapi karena cuti diperpanjang ini jadi geser. Karyawan swasta masuk tanggal 20 Juni sedangkan PNS 21 Juni," kata dia.
Sumber: Viva
Akb – rifanfinancindo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah