PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bertemu Jokowi, Sultan Brunei Mau Kerek Volume Perdagangan

Share this history on :

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Presiden Joko Widodo hari ini menerima kunjungan kenegaraan Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah di Istana Bogor. Salah satu topik utama pertemuan dua pemimpin negara itu adalah untuk meningkatkan nilai perdagangan kedua negara yang mengalami penurunan selama beberapa tahun terakhir.
Menurut data Kementerian Luar Negeri RI pada 2017, nilai perdagangan RI dan Brunei adalah US$107,75 juta. Angka ini terbilang turun drastis, sebab pada 2013, nilai perdagangan dengan Brunei mencapai US$700 juta.
"Jadi penurunannya cukup drastis. Salah satu isu yang menyebabkan penurunan adalah menurunnya harga minyak. Indonesia salah satu importir minyak dari Brunei," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Kamis 3 Mei 2018.
Untuk mendorong kerja sama perdagangan dan investasi, kedua negara akan membentuk working group kerja sama ekonomi serta meningkatkan interaksi pelaku usaha kedua negara lewat kamar dagang di masing-masing negara.
Saat ini, beberapa produk ekspor RI ke Brunei antara lain kelapa sawit, timah mentah, biji cokelat, kertas, dan kawat tembaga. Sementara itu, Indonesia mengimpor mesin appliances, tepung, polimer serta monitor dan proyektor dari Brunei.
Selain membahas isu ekonomi, perlindungan warga negara Indonesia juga menjadi perhatian utama terkait kunjungan Sultan. Apalagi, saat ini jumlah WNI yang ada di Brunei disebut cukup banyak, yaitu 83 ribu orang dari sekitar 423 ribu total penduduk Brunei, artinya sekitar 20 persen penduduk Brunei adalah WNI.
Sumber: Kompas
Akb – rifanfinancindo

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.