Upaya Anies Lindungi Warga Jakarta dari Air Kiriman Katulampa...

PT RIFAN FINANCIDO BERJANGKA – Penyebab banjir di Jakarta bisa berasal dari mana saja. Beberapa waktu masalah berasal dari proyek pembangunan yang menyebabkan jalan protokol tergenang. Saat ini, masalah berasal dari hulunya.

Status Siaga 1 di Bendung Katulampa sejak Senin (5/2/2018) membuat Provinsi DKI Jakarta harus bersiap-siap. Air kiriman akan datang dan bisa membanjiri daerah aliran Sungai Ciliwung.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung mengambil langkah menghadapi air kiriman Bendung Katulampa. Dia memantau situasi di Pintu Air Manggarai sore hari ketika ketinggian air di sana baru 780 cm dengan status Siaga 3. Sore itu, posisi air kiriman dari Bendung Katulampa sudah berada di pos Depok.

"Pukul 15.00 di Katulampa memang sudah turun, tadi 240 (cm) sekarang posisinya 140 (cm), tetapi air sudah sampai di Depok," ujar Anies saat meninjau Pintu Air Manggarai.

Anies mengingatkan masyarakat waspada. Anies tidak mau warga menganggap enteng air kiriman ini, khususnya untuk warga yang tinggal di daerah aliran Sungai Ciliwung.

"Saya ingatkan kepada seluruh warga di daerah aliran Sungai Ciliwung harap waspada potensi limpahan air yang sangat deras dan amat tinggi, jangan dianggap enteng," ujar Anies.

Instruksikan SKPD
Anies meminta seluruh jajaran Pemprov DKI dalam posisi siaga. Pintu-pintu air harus dibuka semua. Pompa air milik Dinas Bina Marga dan Dinas Sumber Daya Air harus siap digunakan. Selain itu, ketinggian air laut juga harus diperhatikan.

"Di Muara Baru ada lebih dari 20 mobile pompa siaga di sana. Kami akan monitor terus ketinggian air laut yang mudah-mudahan tidak akan tambah tinggi," ujar Anies.

Seusai meninjau Pintu Air Manggarai, Anies langsung menulis instruksi untuk SKPD-SKPD terkait. Instruksi tersebut disebar lewat WhatsApp. Isinya mengingatkan SKPD mempersiapkan datangnya air kiriman Katulampa.

"Sekali lagi saya instruksikan semua jajaran untuk jalankan pesan Operasi Siaga Ibu kota, yaitu siap, tanggap, dan galang," ujarnya.

Untuk wali kota, Anies meminta mereka berkoordinasi dengan semua pasukan kerja untuk turun ke wilayah masing-masing. Untuk BPBD, Anies minta untuk memastikan informasi terkait genangan sampai ke seluruh bagian, khususnya warga yang ada di daerah aliran Sungai Ciliwung.

Untuk Dinas Sumber Daya Air, pasukan biru diminta bersiap di titik rawan banjir. Pasukan biru harus memastikan tidak ada sampah yang menyumbat saluran air dan pompa-pompa harus berfungsi.

Anies juga meminta Dinas Sosial menyiapkan sandang dan pangan jika ada pengungsian warga. Dinas Sosial harus merespons cepat jika mendapat info warga mengungsi.

Dinas Lingkungan Hidup diminta mengantisipasi penumpukan sampah di pintu air. Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup juga diminta menyiapkan mobile toilet di pengungsian. Kemudian, Anies meminta Dinas Pemadam Kebakaran cepat dalam mengevakuasi pengungsi saat dibutuhkan. Anies juga memberi instruksi untuk Dinas Perhubungan.

"Antisipasi dan bantu atur lalu lintas petang nanti jika terjadi kemacetan akibat genangan di berbagai titik. Tempatkan petugas tambahan di lapangan, utamanya di daerah rawan genangan," kata Anies.

Untuk Dinas Bina Marga, ia meminta mereka memastikan semua pompa underpass berfungsi. Sementara Satpol PP harus menjaga setiap rumah pompa yang ada dan membantu warga di lokasi rawan banjir. Tenaga medis dari Dinas Kesehatan juga harus siap membantu di daerah rawan banjir dan pengungsian. Untuk lurah, instruksi Anies berkaitan dengan pasukan oranye.

"Pastikan pasukan oranye dalam posisi siap untuk membantu mengatasi banjir kiriman. Perbantukan pasukan ke daerah sekitar yamg terdampak sesudah memastikan daerah sendiri aman," ujar Anies.

Ia juga memberi instruksi untuk Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) memperbarui data di seluruh saluran informasi Pemprov DKI. Anies menegaskan, data dari Dinas Kominfotik harus cepat dan akurat.

"Laksanakan instruksi ini dengan cepat dan galang seluruh kekuatan untuk mengamankan warga dan Ibu Kota," kata Anies.

Patroli hingga malam
Malam harinya, Anies tidak begitu saja beristirahat. Sekitar pukul 08.00, Anies kembali mendatangi Pintu Air Manggarai yang ketinggiannya sudah mencapai 840 cm. Dalam kondisi seperti itu, Anies meminta semua pintu air dalam posisi dijaga ketat.

"Kami pantau dari waktu ke waktu. Jadi, kami memastikan semua pintu air dalam posisi responsif ketika memang ternyata terjadi limpahan air yang semakin besar," katanya.

Sekitar pukul 22.30, Anies menuju kawasan Rawajati yang sejak siang kemarin tergenang air. Pada pukul 00.30, Anies kembali mendatangi Pintu Air Manggarai. Anies mengatakan, malam itu dia bersiaga sampai pagi.

"Tidur gampang urusan tidur, sih, yang penting sekarang pastikan bahwa ketika ada masalah, semua pasukan siap dan saya juga posisinya standby," ujar Anies.
"Yang penting adalah semuanya kerja, semuanya aman," tambahnya.

Sumber: kompas.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

Wall Street Anjlok Tersengat Memanasnya Ketegangan Rusia-Ukraina

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK