KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

IBU TANGGUH MELAHIRKAN DI TOL CIPALI DIBANTU POLISI

Share this history on :
RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO - SEMARANG, Sukiati (43) melahirkan di pinggir jalan Tol Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 82 arah Jakarta. Saat melahirkan, Sukiati dibantu oleh sesama penumpang perempuan.

"Tindakan yang diambil adalah minta bantuan penumpang perempuan untuk membantu proses persalinan," ujar Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman Sahti, dalam keterangannya, Minggu (2/7/2017).

Arman menerangkan saat Sukiati hendak melahirkan memang tidak ada keluarganya di bus yang mendampingi sehingga ia meminta bantuan dari penumpang lain. Proses persalinan pun berjalan lancar. Ibu dan anak yang dilahirkan pun berada dalam kondisi sehat.

"Tidak satupun keluarga yang ikut dalam bus," terangnya.

Sukiati melahirkan di pinggir jalan sekitar pukul 10.40 WIB saat menumpang Bus Kiaramas yang hendak menuju ke Jakarta. Setelah itu, Sukiati dan anaknya pun langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Siloam Purwakarta untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan. 

 Kakorlantas Irjen Royke Lumowa menggendong sebuah boneka beruang atau teddy bear raksasa di RS Siloam Purwakarta. Boneka tersebut hendak dia berikan kepada bayi yang diberi nama Bhayangkariwati Ramadniya, yang lahir di tengah arus balik mudik. 

"Setelah mendengar kabar ini, saya langsung ingin memastikan bahwa ibu dan bayinya selamat dan sehat," kata Royke dalam keterangannya, Minggu (2/7/2017).

Bhayangkariwati Ramadniya lahir di pinggir KM 82 Tol Cipali arah Jakarta, sore ini. Proses kelahirannya dramatis karena sang ibunda, Sukiati, secara mendadak kontraksi di tengah padatnya volume kendaraan. Sukiati sedang menumpang bus.

"Semoga kelak jadi anak yang berbakti untuk orang tua dan negara," ujar Royke.

Sukiati (43) yang melahirkan Bhayangkariwati Ramadniya saat hendak ke Jakarta, berniat menyusul suaminya. Dia menggunakan bus Kiaramas. Proses persalinan di pinggir jalan itu pun dibantu oleh polisi dan sesama penumpang perempuan. Sukiati dan bayi yang dilahirkannya juga berada dalam kondisi sehat.

Setelah itu, Sukiati langsung dibawa ke Rumah Sakit Siloam Purwakarta untuk mendapatkan proses perawatan. Petugas kepolisian yang mengetahui hal tersebut turut mendampingi Sukiati hingga ke rumah sakit. 

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa memberi penghargaan khusus kepada beberapa polisi yang bertugas dalam Operasi Ramadniya 2017. Penghargaan tersebut diberikan atas kesigapan mereka membantu proses persalinan seorang pemudik, Sukiati (43) di tengah ruas jalan Tol Cipali KM 82.

"Saya memberikan penghargaan kepada anggota Polres Purwakarta yang membantu Ibu Sukiati, penumpang bus pada saat arus balik," kata Royke dalam keterangan persnya, Minggu (2/7/2017).

Adalah Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Arman Sahti dan anggotanya yaitu Aipda Juanda Barus, Bripka Asep Sunandar dan Bripda Fachri Alim yang menerima penghargaan berupa piagam.

"Mereka telah menolong penumpang bus, Ibu Sukiati, melahirkan di pinggir jalan tol Cipali KM 82 pada hari ini, 2 Juli 2017, sekitar pukul 10:40 WIB. Selanjutnya ibu dan bayinya dibawa ke RS Siloam Purwakarta untuk perawatan selanjutnya dan saat ini ibu dan bayinya dalam keadaan selamat dan sehat," terang Royke.

Bayi tersebut diberi nama Bhayangkariwati Ramadniya. Peristiwa serupa dengan Sukiati ternyata juga terjadi pada Kamis (29/6/2017) kemarin. Seorang penumpang bus bernama Salamah (30) mengalami kontraksi di Km 62 Tol Cipali arah Jakarta pada malam hari.

"Polres Karawang melakukan pengawalan, menembus kepadatan arus balik di tol, menolong ibu penumpang bus di KM 62 yang akan melahirkan," ucap Royke.

Salamah dilarikan ke RS Lira Medika, Karawang dan berhasil melahirlan dengan selamat seorang bayi perempuan yang kemudian dinamai Lira Fitriani Akbar.

"Penghargaan selanjutnya diberikan kepada Kapolsek Telagasari, Bripda Lendra dari Dokkes dan Bripka Diki dari Satuan Lantas," tutup Royke. 

"Ibunya memberikan kesempatan kepada kami untuk memberikan nama Bhayangkari Ramadniya," ujar Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman Sahti, dalam keterangannya, Minggu (2/7/2017).

Arman juga menerangkan nama tersebut diberikan dengan harapan anak dari Sukiati itu berguna bagi bangsa dan negara.

"Tadi hasil diskusi dengan pak Kapolres dan Dirlantas, mudah-mudahan anaknya menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan negara," terangnya.

Arman ikut langsung membantu proses persalinan Sukiati di pinggir jalan Tol Cipali. Setelah itu, dia pun turut mendampingi Sukiati yang dibawa ke Rumah Sakit Siloam Purawakarta.

Sukiati diketahui hendak akan melahirkan saat petugas dari kepolisian sedang memantau arus balik di Tol Cipali. Saat itu polisi meminta penumpang perempuan untuk membantu proses persalinan. Sukiati dan bayinya pun berada dalam kondisi yang sehat setelah proses persalinan. 

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.