Usai Jakarta-Bandung, Proyek Kereta Cepat Lanjut ke Semarang



Rifan Financindo Berjangka Semarang - Proyek pembangunan High Speed Train (HST) atau kereta cepat tengah berjalan untuk rute Jakarta-Bandung sepanjang 142 kilometer (km). Ternyata, pengembangan kereta cepat tak berhenti untuk rute Jakarta-Bandung.

Pemerintah tengah mempersiapkan studi jaringan kereta cepat tahap II rute Bandung-Semarang dan tahap III rute Semarang-Surabaya.

"Jadi Jakarta-Bandung, Bandung-Semarang, Semarang-Surabaya. Kira-kira begitu dan memang sampai Surabaya," ungkap Bambang Prihartono, Direktur Transportasi Bappenas di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. 

Alasan pemilihan jalur Jakarta-Bandung sebagai rute pertama, yaitu potensi kebutuhan masyarakat. Pembangunan kereta cepat ini masih sesuai dengan jadwal yang ditentukan sebelumnya. 

"Demand yang paling mungkin di situ. Dengan harapan nanti demand meningkat dan kita lanjutkan sampai ke Surabaya. Jadi memang bertahap, nggak bisa langsung," paparnya.

Operasional dari rute Jakarta-Bandung juga akan menjadi acuan bahwa proyek ini layak dilanjutkan atau tidak.

"Jadi gini kan bicara dengan swasta. Kalau swasta kan dari penumpang. Kalau tidak membaik mereka tidak berani investasi. Jadi selesai beroperasi, terjadi pertumbuhan regional baru Semarang dan terus ke Surabaya," terang Bambang.

Bila dilanjutkan, Bambang membuka peluang untuk investor baru masuk ke Indonesia, termasuk terhadap kontraktor yang akan menjalankan proyek.

"Bisa ganti. Pendanaan juga bisa. Nggak musti dari China, yang penting kan inline teknologinya," tukasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Global Masih Volatil, Potensi Harga Emas Melesat Terbuka

PETUGAS VETERAINER DATANG UNTUK ANALISA KEMATIAN KAMBING YANG MENDADAK

Aneka Gethuk Jajan khas jawa Tengah