KAMIS , 30 Juli 14 : XUL10 / F : | OPEN : 1,299.10 | HIGH : 1,303.70 | LOW : 1,291.60 | CLOSE : 1,295.95 |

Tempat di Bumi yang Mirip Seperti Mars

Share this history on :


Rifan Financindo Berjangka Semarang - Tahukah kamu, ada satu tempat di Bumi yang dinilai mirip seperti di Mars. Inilah Devon Island, pulau di kawasan Arktik sekitar Kutub Utara. Seperti apa ya?

Devon Island adalah pulau besar yang tak dihuni manusia. Masih masuk dalam wilayah negara Kanada, tapi tepatnya di kawasan Kepulauan Arktik yang berada di sekitar Kutub Utara. Jika dilihat di peta, Devon Island adanya di Bumi bagian utara.

Sejak beberapa tahun lalu, tepatnya di tahun 2013 NASA merilis bahwa Devon Island memiliki kontur yang sama seperti Mars. Bahkan, suatu organisasi internasional non-pemerintah Mars Institute memakai Devon Island sebagai tempat latihan para astronotnya untuk misi hidup di Mars sejak tahun 1997!

Melansir dari situs resmi NASA, Rabu (18/5/2016) kontur alam di sana sangat tandus seperti gurun, penuh bebatuan dan tidak dihuni mahluk hidup yang mana tanaman saja tidak tumbuh di sana. Lokasinya yang terpencil pun dinilai bisa menguji mental para calon astronot.

Lokasi Devon Island, disekitar Kutub Utara (Goolge Maps)


Kontur yang dinilai NASA mirip di Mars (Matt Deans/NASA)
Belum lagi, suhu di sana sangat dingin yang rata-rata minus 16 derajat Celcius. Pada musim dingin pun, daratan pulaunya akan tertutup es setebal puluhan meter. Di musim panas, suhunya hanya mencapai 8 derajat Celcius saja. Hanya di musim panaslah, Devon Island bisa dikunjungi saat esnya meleleh.

NASA pun mendukung Mars Institute untuk program mengirim manusia hidup di Mars. Di sana juga dibangun Mars Station Flashline Arctic Research (FMARS) yang berloaksi di kawah Haughton, kawah berdiameter 23 km.

Lanskap di kawah Haughton (Danielle Labonte/Google Maps)


Devon Island dari ketinggian (Timothy K/Google Maps)
Biasanya, para calon astronot menghabiskan lebih banyak waktu di kawah tersebut. Asal tahu saja, kawahnya ternyata merupakan bekas hantaman meteor pada 39 juta tahun lalu. Meteornya pun menembus tanah sampai kedalaman 1,7 km.

Karena tidak ada air dan cuaca yang dingin, tidak ada proses pelapukan yang mana bekas hantaman meteornya masih sangat asli. Retakan tanahnya terlihat jelas dan di kawah itulah, kontur tanahnya sangat mirip seperti di Mars.

Ternyata tidak hanya untuk astronot saja, pemerintah Kanada pun tetap memperbolehkan turis untuk berkunjung ke Devon Island. Beberapa operator tur dari Kanada seperti Adventures.com dan Tour Radar menawarkan paket perjalanan ke sana. Hanya saja, harganya tidaklah murah!

Devon Island, simulasi astronot sebelum ke Mars (Matt Deans/NASA)
Kedua operator tur tersebut menawarkan perjalanan selama 2 sampai 3 minggu menjelajahi Kepulauan Arktik sekaligus mampir ke Devon Island. Soal harga, Adventures.com mematok harga USD 8.995 atau setara Rp 119 juta, sedangkan Tour Radar untuk tur 12 hari di Devon Island harganya USD 5.795 atau sekitar Rp 77 juta.

Rasakanlah kehidupan yang sangat terisolasi, melihat bentang alam yang seperti planet lain dan suasana yang selalu sunyi. Hitung-hitung, latihan merasakan kehidupan seperti di Mars sana.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Chart

DISCLAIMER
Semua dapat mengakses seluruh konten di Blog ini hanya untuk Edukasi dan Informasi semata. Jika anda merasa Blog ini bermanfaat, silahkan komentar. Semua Informasi yang terdapat dalam Blog kami ini, diusahakan menyajikan berita-berita terbaik dari berbagai sumber baik Nasional maupun Internasional, namun kami tidak menjamin keakuratannya. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian tidak langsung yang dialami pembaca akibat menggunakan informasi dari Blog ini. Kami berhak menyunting dan mengatur isi dari pembaca agar tidak merugikan orang lain karena Blog ini mengutamakan kedewasaan dalam beropini/berpendapat tanpa mewakili kelompok atau golongan apapun.
Copyright © 2013 PT. Rifan Financindo Berjangka Semarang.